kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Turunkan kasus Covid-19, Indonesia bersiap menuju endemi


Rabu, 29 September 2021 / 04:30 WIB
Turunkan kasus Covid-19, Indonesia bersiap menuju endemi

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pemerintah terus berupaya keras menurunkan kasus Covid-19. Saat ini, kasus mingguan Indonesia mencapai 17.250 kasus. Pemerintah menargetkan kasus mingguan dapat ditekan hingga di bawah 10.000 kasus per minggu.

"Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa kondisi covid di Indonesia terkendali dan siap untuk berfokus menuju endemi covid," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers, Selasa (28/9).

Wiku menerangkan, sejumlah faktor yang membantu menekan penularan Covid-19 di Indonesia. Antara lain pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang membatasi aktivitas dan mobilitas masyarakat baik dalam dan luar negeri.

Baca Juga: Satgas: Jangan abai walaupun kasus Covid-19 sudah melandai di Indonesia

Selain itu, Wiku juga menyampaikan kebijakan yang diterapkan di seluruh wilayah Indonesia itu efektif menekan kasus Covid-19. Koordinasi yang baik pun menjadi faktor penting dalam menurunkan kasus Covid-19.

"Pemerintah juga menggunakan data kasus dan data penunjang lain yang riil sebagai dasar perumusan kebijakan," ungkap Wiku.

Data itu menjadi indikator yang digunakan dalam penentuan level PPKM di setiap daerah. Selain itu kebijakan lain yang disebut efektif dalam mengendalikan pandemi Covid-19 adalah pembatasan akses masuk dari luar negeri.

Setiap pihak yang masuk ke Indonesia dari luar negeri diwajibkan melakukan tes dan karantina selama 8 hari. Hal itu untuk mencegah berkembangnya varian baru di Indonesia.

"Dalam upaya menuju endemi, resiliensi dan kesigapan daerah dalam mengamati dan merespon kondisi di wiayahnya akan terus ditingkatkan dengan kebijakan yang efektif dan tepat sasaran," ujar Wiku.

Meski begitu, kerja tersebut juga perlu dukungan dari masyarakat. Antara lain dengan aktif mengikuti program vaksinasi dan menerapkan protokol kesehatan yakni menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Selanjutnya: UPDATE Vaksinasi Covid-19 per 28 September: Ada penambahan vaksinasi 2.108.853 dosis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×