kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tren Penyewaan Fasilitas untuk Keperluan Acara Meningkat


Kamis, 16 Juni 2022 / 08:00 WIB
Tren Penyewaan Fasilitas untuk Keperluan Acara Meningkat

Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah perusahaan pengelola hotel mendapat angin segar ketika pandemi Covid-19 mulai mereda. Pasalnya, permintaan penyelenggaraan acara yang berlangsung di hotel mengalami kenaikan.

Santika Indonesia Hotels & Resorts misalnya. Selepas Februari 2022 atau usai puncak merebaknya varian Omicron di Indonesia, permintaan penyelenggaraan acara dari berbagai event organizer di Hotel Santika meningkat sekitar 35%--40%. Peningkatan tertinggi terjadi di hotel-hotel milik Santika yang berada di Pulau Jawa.

Banyaknya acara yang berlangsung di Hotel Santika sejalan dengan tingginya tingkat okupansi di hotel tersebut. Beberapa Hotel Santika sudah ada yang mencapai level okupansi 100% untuk saat ini.

“Hotel kami yang berada di Bali okupansinya sudah 100%. Di pertengahan Mei ini banyak acara juga yang berlangsung di sana,” ujar Prita Gero, Assistant Marcomm Manager Santika Indonesia Hotels & Resort memberi contoh, Rabu (15/6).

Baca Juga: Pencabutan PPKM Tunggu Status Pandemi Berakhir

Prita mengaku, kontribusi pendapatan dari sewa fasilitas hotel untuk penyelenggaraan acara cukup besar yakni sekitar 60%--70% dari total pendapatan Hotel Santika. Sayangnya, ia tidak menyebut secara rinci biaya sewa ruangan meeting atau ballroom di Hotel Santika untuk keperluan acara. Yang terang, pihak Hotel Santika memiliki paket-paket penawaran kepada calon penyewa dengan tarif yang berbeda-beda.

Sejauh ini, penyewa terbesar Hotel Santika untuk keperluan acara berasal dari pemerintah atau kementerian dan korporasi. “Acara pernikahan (wedding) juga ada yang sewa, tapi tidak banyak. Sebab, jumlah pengunjungnya pasti banyak dan tidak semua Hotel Santika bisa memfasilitasi acara tersebut,” ungkap dia.

Manajemen Santika Indonesia Hotels & Resorts tidak menerapkan strategi yang spesifik untuk meningkatkan pendapatan sewa ruangan untuk acara. Hotel Santika lebih mengedepankan kualitas layanan agar para klien bisa mendapatkan pengalaman terbaik ketika mengadakan acara di hotel tersebut.

Baca Juga: Menakar Prospek Industri Perhotelan di Tengah Bangkitnya Pariwisata

Sementara itu, Direktur Pemasaran PT Eastparc Hotel Tbk (EPAC) Wahyudi Eko Sutoro mengatakan, sejak pandemi mereda, permintaan penyelenggaraan acara di Eastparc Hotel sudah terkerek 30%. Di samping itu, Eastparc Hotel juga mencatatkan tingkat okupansi kamar sekitar 75% di periode Januari-Mei 2022.

“Jenis acara yang biasa diselenggarakan di hotel kami antara lain seminar, meeting, pernikahan, peluncuran produk, dan gala dinner,” terang dia, hari ini (15/6).

Ia juga menyebut, besaran biaya untuk sewa gedung di Eastparc Hotel bervariasi tergantung dari kebutuhan dan keinginan tamu atau klien.

Pihak Eastparc Hotel selalu memastikan menyediakan fasilitas ruang atau gedung beserta layanan yang prima, sesuai dengan kebutuhan klien. “Kami juga selalu bekerja sama dengan pihak seperti event organizer, travel agent, dan wedding organizer untuk melakukan promosi secara maksimal dan tepat sasaran,” tandas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

×