Transjakarta luncurkan aplikasi TIJE versi baru untuk tingkatkan kualitas layanan

Minggu, 07 Februari 2021 | 09:00 WIB   Reporter: Dimas Andi
Transjakarta luncurkan aplikasi TIJE versi baru untuk tingkatkan kualitas layanan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Transportasi Jakarta atau Transjakarta meluncurkan aplikasi TIJE versi terbaru yang dilengkapi berbagai fitur anyar. Pembaruan aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan Transjakarta kepada para pelanggannya. Aplikasi TIJE baru ini sudah tersedia di platform Google Playstore maupun App Store. Terdapat beberapa fitur menarik yang disajikan oleh aplikasi tersebut.

Salah satunya adalah fitur pencarian rute. Di sini, pelanggan bisa melakukan perencanaan perjalanan dari tempat asal ke tempat tujuan dengan Transjakarta. Pelanggan bisa mengetahui estimasi perjalanan maupun halte terdekat untuk dikunjungi. Fitur ini juga memungkinkan pelanggan mengetahui rute Transjakarta mana saja yang beroperasi secara up to date.

Kemudian, terdapat fitur pencarian bus dan halte. Lewat fitur ini, pelanggan bisa melacak posisi bus Transjakarta secara real time hingga halte yang beroperasi. Karena posisi bus terlacak, maka pelanggan dapat mengetahui kapan bus akan tiba sehingga tidak perlu repot atau bingung ketika menunggu di halte.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga memiliki fitur Loyal Ti-je. Jadi, pelanggan bisa mengumpulkan poin dari transaksinya saat menggunakan aplikasi tersebut. Ketika terkumpul dalam jumlah tertentu, pelanggan bisa menukarkan poinnya untuk mendapatkan merchandise dari Transjakarta.

Direktur Utama Transportasi Jakarta Sardjono Jhony Tjitrokusumo menyampaikan, kehadiran fitur-fitur unggulan baru yang lebih segar dalam aplikasi TIJE diharapkan dapat menjawab kebutuhan pelanggan ataupun masyarakat terhadap transportasi publik yang berkualitas, aman, nyaman, dan terjangkau.

“Peningkatan layanan tentu akan terus kami lakukan seiring pertumbuhan pelanggan dan transformasi perkembangan zaman,” ujar dia dalam acara peluncuran The Next Level Aplikasi TIJE secara online, Jumat (5/2).

Baca Juga: Tilang online di Jakarta semakin banyak, ditambah di jalan tol & busway

Ia menegaskan, Transjakarta akan terus melakukan inovasi dan bertransformasi menjadi perusahaan yang baik dan terpercaya dalam melayani kebutuhan transportasi masyarakat Jakarta. Sebelum aplikasi ini muncul, Transjakarta telah berinovasi dengan menyediakan layanan QR Code Ticketing di seluruh halte Transjakarta. Selain itu, ada pula pemasangan wifi yang dapat diakses gratis di seluruh halte.

Di kesempatan yang sama, Gidionton Saritua selaku Direktur Eksekutif Transformasi Digital Transjakarta mengatakan, sejauh ini sudah ada sekitar 100.000 orang yang mengunduh aplikasi TIJE versi lama. Dia yakin, seiring dengan adanya peningkatan ke versi yang baru, tingkat animo masyarakat terhadap aplikasi TIJE akan lebih tinggi dari sebelumnya.

Dia menambahkan, dalam beberapa bulan ke depan, aplikasi TIJE akan kembali mengalami ditingkatkan kualitas. Salah satu fitur yang hendak dikembangkan yaitu berkaitan dengan feedback dari pelanggan. Dalam hal ini, pelanggan bisa melakukan penilaian atau rating kepada bus maupun supir secara digital.

“Ini memungkinkan kami untuk terus memperbaiki kualitas sumber daya manusia Transjakarta tanpa harus menyebar kuesioner satu-satu, karena sekarang feedback-nya bisa secara digital,” ungkap dia.

Lebih lanjut, Transjakarta juga akan mengembangkan performa aplikasi TIJE sehingga lebih ramah terhadap penyandang disabilitas.

Salah satu bentuk inovasi yang tengah dikembangkan Transjakarta adalah teknologi notifikasi suara. Sebagai contoh, pelanggan akan diberi notifikasi pengingat (reminder) dalam jarak dua halte sebelum mencapai tujuan akhir perjalanan. Notifikasi tersebut tak hanya dalam bentuk tulisan, melainkan juga dilengkapi dengan audio. 

Alhasil, pelanggan tidak perlu khawatir akan kelewatan dari halte tujuannya. “Fitur audio ini tentu rama dengan masyarakat penyandang disabilitas,” tandas Gidi.

Selanjutnya: Warga Jakarta wajib tahu! Tilang elektronik akan semakin ketat di DKI tahun ini!

 

Editor: Handoyo .
Terbaru