kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Transaksi Tarik Tunai Tanpa Kartu Kian Digemari Nasabah Bank


Kamis, 08 Desember 2022 / 06:50 WIB
Transaksi Tarik Tunai Tanpa Kartu Kian Digemari Nasabah Bank

Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Layanan tarik tunai tanpa kartu debit (cardless) semakin digemari. Selain mudah dilakukan, layanan tarik tunai tersebut dinilai juga lebih aman bagi nasabah. 

PT Bank Tabungan Negara (BTN) misalnya yang berhasil menorehkan kinerja positif pada transaksi tanpa kartu di BTN Mobile Banking.

Direktur IT & Digital Bank BTN Andi Nirwoto meyakini ke depan penggunaan kartu baik ATM debit card maupun credit card akan cenderung menurun seiring dengan banyaknya pengguna mobile banking, karena fungsi dari kartu tersebut sudah mulai bisa digantikan dengan aplikasi pada mobile banking.

"Untuk saat ini BTN masih belum memutuskan untuk mengenakan biaya untuk layanan cardless witdrawal di mesin ATM melalui BTN Mobile Banking. Hal ini kami lakukan dalam rangka meningkatkan awareness tentang cardless witdrawal dan peningkatan loyalitas nasabah kepada BTN," kata Andi kepada kontan.co.id, Rabu (7/12).

Baca Juga: BCA Hadirkan Beragam Promo Kartu Kredit Jelang Akhir Tahun

Akan tetapi kata Andi tidak menutup kemungkinan, dalam rangka peningkatan kualitas layanan BTN kepada nasabah serta pengganti biaya maintenance, dimungkinkan untuk dikenakan biaya per transaksi cardless withdrawl di mesin ATM dengan tetap mempertimbangkan best practice perbankan saat ini.

Jumlah transaksi yang melalui BTN Mobile Banking sudah meningkat baik untuk transaksi purchase, payment dan cardless withdrawal sebanyak 29% per Oktober 2022. 

Peralihan ini disebut Andi belum tentu berarti nasabah sudah meninggalkan penggunaan kartu ATM/debit, namun karena fungsi yang ada kartu ATM sudah bisa digantikan melalui smartphone, dan saat ini untuk beberapa transaksi perbankan juga masih perlu penggunaan kartu ATM/debit untuk bertransaksi, contohnya di loket teller sebagai bukti validasi bahwa data nasabah sudah benar dengan melakukan swipe kartu ATM/debit melalui pinpad.

Hal tersebut sebagai bukti bahwa BTN merancang untuk produk/layanan kartu ATM/debit dan BTN Mobile Banking saling melengkapi sesuai dengan kebutuhan nasabah, sehingga tidak terjadi kanibalisasi antara produk/layanan yang dimiliki saat ini.

Ke depan pihaknya prediksi trennya masih akan sama dengan tahun ini, penggunaan transaksi melalui kartu untuk cardless withdrawal cenderung menurun dengan lambat, namun penggunaan BTN Mobile Banking untuk transaksi cardless withdrawal meningkat. 

Untuk mencapai target tersebut, BTN rutin melakukan sosialisasi cardless withdrawal kepada nasabah melalui edukasi lisan ketika pembukaan rekening terutama pada saat first touch nasabah dengan BTN Mobile Banking, dengan harapan nasabah akan mendapat pengalaman yang menarik dan rutin bertransaksi melalui BTN Mobile Banking.

PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) BRI juga memproyeksikan transaksi tarik tunai tanpa kartu ke depan akan terus meningkat, seiring dengan journey masyarakat Indonesia utamanya terkait cardless transaction.

"Saat ini di BRI terdapat 2 cara dalam melakukan transaksi tunai tanpa kartu, yakni dengan menggunakan BRImo dan melalui gerai Indomaret," terang Aes.

Layanan tarik tunai tanpa kartu BRI saat ini juga tidak dikenakan biaya dan BRI berkomitmen untuk terus mengedepankan customer experience dalam setiap layanannya. 

Baca Juga: Likuiditas Mengetat, Begini Tren Penyaluran Kredit dan Himpunan Valas Perbankan

"Sebagai upaya untuk meningkatkan transaksi layanan tanpa kartu, BRI akan terus melakukan sosialisasi kepada nasabah melalui berbagai saluran yang dimiliki oleh BRI," ujarnya.

Seiring dengan perkembangan itu, BRI juga terus melakukan transformasi dengan menerapkan konsep hybrid bank dalam perbaikan bisnis proses, inovasi model bisnis, serta tata kelola jaringan kerja yang memadukan digital capabilities, physical network serta layanan financial advisor

Menurut Aestika, harmonisasi ketiganya diyakini mampu menghadirkan layanan perbankan yang lebih efektif, efisien dan terintegrasi sesuai pengalaman nasabah dan masyarakat yang sejalan dengan komitmen perusahaan untuk menyediakan layanan terbaik. 

Terbaru, lima bank melakukan kerjasama dengan PT Rintis Sejahtera atau Jaringan Prima menghadirkan layanan cardless cash withdrawal atau tarik tunai tanpa kartu secara off us (antar bank).

Kelima bank tersebut yakni, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) dan PT Bank CIMB Tbk (CIMB Niaga) sebagai acquirer, serta PT Bank Multiarta Sentosa Tbk (Multiarta Sentosa), PT Bank DKI (Bank DKI), serta PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon) sebagai issuer.

Melalui kerja sama tersebut, nasabah bank DKI, nasabah bank Danamon dan nasabah bank Multiarta Sentosa nantinya dapat melakukan tarik tunai tanpa kartu di ATM bank BNI dan ATM Bank CIMB Niaga berlogo Prima di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×