kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Transaksi Pembelian Hewan Kurban Secara Digital Beri Berkah bagi Bank Syariah


Kamis, 15 Juni 2023 / 06:45 WIB
Transaksi Pembelian Hewan Kurban Secara Digital Beri Berkah bagi Bank Syariah

Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah perbankan syariah mencoba melalap berkah Idul Adha dengan menawarkan produk pembelian kurban secara digital untuk memenuhi kebutuhan nasabah dalam menunaikan ibadah kurban. Mulai dari menyediakan tabungan kurban hingga pembelian hewan kurban melalui mobile banking.

Unit Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga (BNGA) misalnya menyediakan transaksi pembelian kurban melalui Super App Octo Mobile dan Octo Cliks. Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P Djajanegara menyampaikan, pembelian kurban secara digital setiap tahunnya cenderung meningkat. 

"Di tahun ini, Bank CIMB Niaga menargetkan peningkatan pembelian kurban sebesar 20% dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai Rp 85 miliar dengan target nasabah di segmen ritel," ujar Pandji kepada kontan.co.id, Selasa (13/6).

Perseroan juga telah memiliki strategi dalam meningkatkan pembelian kurban, antara lain dengan bekerja sama dengan lembaga-lembaga terpercaya dan tersertifikasi untuk pengelolaan hewan kurban, serta memberikan program berupa bonus cash reward untuk setiap pembelian hewan kurban melalui Digital Channel CIMB Niaga yaitu Octo Mobile dan Octo Clicks.

Baca Juga: Bank JTrust Tawarkan Promo Bunga DPK dan KPR Lewat Program Tsumugu

Sementara  Direktur BCA Syariah Pranata mengatakan, BCA Syariah juga berusaha memanfaatkan layanan Tahapan Rencana iB sebagai instrumen tabungan rencana yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan termasuk rencana pembelian hewan kurban.

"Dengan layanan ini masyarakat yang ingin membuka rekening untuk perencanaan kurban dapat melakukan di mana pun dan kapan pun tanpa perlu lagi ke cabang," jelas Pranata.

PT Bank Syariah Indonesia (BSI) juga menyediakan transaksi pembelian kurban secara online melalui e-channel BSI Mobile dengan menargetkan lebih dari 3.500 transaksi pembelian hewan kurban.

Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna mengatakan, BSI menargetkan pertumbuhan dana tabungan sebesar Rp100 miliar dari program ini. BSI disebut Anton menggandeng 24 lembaga penyalur di antaranya BAZNAS, Laznas BSM Umat, dan Dompet Dhuafa. 

"Kami berupaya menjalankan nilai dan prinsip syariah melalui ekonomi berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat tidak mampu melalui layanan ini," katanya.

Perusahaan juga menyiapkan hewan kurban berupa sapi dan kambing untuk diberikan kepada nasabah yang memiliki BSI Tabungan Easy Mudharabah. 

Baca Juga: Riset: 45,9% Konsumen Gunakan Paylater untuk Belanja di E-commerce pada 2022

Anto menyebut, promo ini merupakan bentuk terima kasih dari perusahaan kepada seluruh nasabah setia mereka di momen Hari Raya Idul Adha 1444 H. Selain itu, perusahaan juga berkomitmen untuk membantu masyarakat yang ingin berbagi hewan kurban.

Dalam promo ini, nasabah yang memiliki BSI Tabungan Easy Mudharabah dan top up saldo minimal Rp 100 juta akan mendapatkan 1 hewan kambing dan top up saldo minimal Rp 1 miliar akan mendapatkan 1 hewan sapi. Promo ini berlaku untuk seluruh nasabah BSI di seluruh Indonesia sejak tanggal 1 Juni 2023 sampai dengan 26 Juni 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×