kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Transaksi LinkAja Ikut Terkerek Momen Lebaran


Jumat, 20 Mei 2022 / 09:25 WIB
Transaksi LinkAja Ikut Terkerek Momen Lebaran

Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Momen mudik lebaran 2022 turut membawa berkah bagi kinerja LinkAja. Perusahaan mencatat ada lonjakan penggunaan pembayaran elektronik untuk berbagai moda transportasi selama periode tersebut.

Secara keseluruhan, LinkAja berhasil mencatatkan rata-rata kenaikan jumlah transaksi dan nilai transaksi sekitar 60% dibandingkan periode sebelum Ramadan hingga mudik Idul Fitri 2022. 

Jika dibandingkan dengan periode Ramadan dan Idul Fitri yang sama pada tahun lalu, ada juga kenaikan hampir mencapai 30%. Mayoritas pengguna melakukan pembayaran elektronik untuk kategori transportasi.

Berdasarkan data penggunaan LinkAja, selama periode Ramadan dan mudik Idul Fitri 2022, perbandingan pembayaran untuk moda transportasi KAI mengalami lonjakan terbesar, baik melalui LinkAja dan LinkAja Syariah, yang mencatat kenaikan berturut-turut sebesar 38% dan 216% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

Baca Juga: Hindari yang Ilegal, Ini Daftar Perusahaan Pinjol Legal Terbaru Mei 2022

Sementara itu, moda transportasi menuju bandara, Railink, terlihat ada lonjakan tinggi sebesar lebih dari 6 kali lipat dibandingkan sebelum bulan Ramadan. Selain itu kenaikan penggunaan tertinggi yang kedua dicatat oleh jasa transportasi ferry (ASDP), yang mencapai kenaikan lebih dari 70% pada masa Ramadan dan mudik Lebaran. 

Masih dalam periode yang sama, penggunaan LinkAja di ride hailing dalam aplikasi Gojek dan Grab juga mengalami peningkatan sebesar 28%, dan lebih dari 70% penggunaan melalui LinkAja Syariah dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Bukan saja menunjukan bahwa masyarakat Indonesia semakin mempercayakan LinkAja sebagai platform pembayaran pilihan untuk kebutuhan mereka, lonjakan ini juga mencerminkan situasi ekonomi yang berangsur-angsur pulih dan semakin membaik,” ujar Wibawa Prasetyawan, Plt Direktur Utama LinkAja dalam keterangan resminya, Kamis (19/5)

Saat ini tercatat ada lebih dari 84 juta pengguna terdaftar LinkAja reguler dan 6 juta pengguna LinkAja Syariah. Peningkatan jumlah pengguna dari tahun ke tahun juga terefleksikan dalam peningkatan nilai transaksi selama bulan Ramadan 2022 jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya di 2021, yaitu sekitar 31% untuk LinkAja reguler.

Baca Juga: Lender Asing Semakin Gencar Salurkan Pinjaman ke P2P Lending Indonesia

Sementara untuk LinkAja Syariah merangkum pertumbuhan secara drastis yang mencapai lebih dari seratus persen.

“Kami melihat lonjakan penggunaan LinkAja untuk pembayaran moda transportasi selama Ramadan dan libur Lebaran kemarin sebagai bentuk kepercayaan masyarakat yang makin tinggi pada LinkAja,” tutup Wibawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×