kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Transaksi harbolnas tahun ini diprediksi bakal lebih tinggi


Kamis, 12 November 2020 / 09:45 WIB
Transaksi harbolnas tahun ini diprediksi bakal lebih tinggi

Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asosiasi e-Commerce Indonesai (IDEA) yakin transaksi dan volume selama festival belanja 11.11 atau hari belanja online nasional (harbolnas) tahun ini meningkat dibandingkan dengan tahun lalu.

Ketua Umum IDEA, Bima Laga mengatakan, walau di tengan pandemi, transaksi belanja online selalu meningkat tiap bulannya.

"Sejauh ini, sejak masa awal pandemi tren dan transaksi belanja online sebenarnya masih bagus dan terus meningkat. Jadi pada festival belanja online 11.11 ini pasti juga akan bagus," ujar dia saat dihubungi Kontan.co.id, Rabu (11/11).

Bima mengatakan, pergelaran festival belanja online 11.11 dibuat oleh pelaku industri e-commerce sekaligus anggota IDEA, untuk mendorong perputaran kegiatan ekonomi di Indonesia.

Baca Juga: Ingat, promo Harbolnas 11.11 di Shopee, Lazada, Bukalapak masih berlaku

Ia melanjutkan, kegiatan perekonomian saat ini dinilai kurang stabil akibat pandemi Covid-19 dan platform e-commerce melancarkan strateginya masing-masing untuk mendukung pelaku bisnis UMKM dan konsumen melalui promo yang hadir.

"Namun untuk proyeksi kenaikannya sendiri kami belum bisa menyebutkan karena belum ada data. Namun jika berkaca pada pergelaran Harbolnas 11.12 dan 12.12 tahun lalu, menurut Nielsen, transaksi bisa terjadi mencapai Rp 9,1 triliun, maka tahun ini bisa lebih," ujar dia.

Bima menuturkan, walau daya beli menurun, namun pembelian produk pokok seperti makanan dan pakaian masih menduduki kategori penjualan tertinggi. Tidak hanya itu, di masa pandemi, pembelian barang yang menunjang sekolah maupun bekerja dari rumah juga tinggi.

Hal ini disusul pula oleh hobi tanaman, bersepeda, hingga mengoleksi ikan betta (beta fish) yang diminati oleh kalangan kelas menengah.

Bima juga menyebutkan, pada pergelaran Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang jatuh pada 11.12 dan 12.12 mendatang, juga akan mendongkrak volume dan transaksi pembelian dibandingkan tahun lalu. IDEA optimistis bisa meningkatkan pembelian produk lokal lebih dari 51% sebagaimana capaian tahun lalu.

Tahun ini, IDEA sudah menggandeng Bank Mandiri dalam subsidi promo dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia untuk voucher potongan harga. Hal ini diyakini memudahkan UMKM dan mendorong lagi konsumsi bagi pembeli.

"Dengan subsidi promo, penjual yang tadinya hanya bisa memberikan promo 20% akan mampu memberikan diskon 50%, ini sebagai contoh. Penambahan promo ini akan disubsidi oleh Bank Mandiri. Dan jika membeli menggunakan kartu kredit atau debit Mandiri, akan dapat diskon 50%," kata Bima.

Selanjutnya: Gila, transaksi Shopee naik 6 kali lipat di sejam pertama festival Big Sale 11.11

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×