CLOSE [X]

Trans Retail: Ramadan Menjadi Momentum Bagi Sektor Ritel

Senin, 07 Maret 2022 | 07:35 WIB   Reporter: Akmalal Hamdhi
Trans Retail: Ramadan Menjadi Momentum Bagi Sektor Ritel

ILUSTRASI.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Momentum ramadan menjadi berkah tersendiri bagi sektor ritel. Tingkat kunjungan pada saat bulan puasa ramadan, umumnya jauh lebih meningkat dibandingkan hari-hari biasa.

PT Trans Retail Indonesia misalnya, yang mengakui bahwa tingkat kunjungan saat ramadhan meningkat 3 hingga 4 kali dibandingkan hari biasa. Melalui Transmart Carefour, unit supermarket konglomerat Chairul Tanjung tersebut menyediakan berbagai macam produk kebutuhan sehari-hari.

Vice President Corporate Communications Transmart, Satria Hamid mengatakan, ramadan adalah momentum bagi sektor ritel. "Ramadan menjadi momentum sektor ritel. Dimana saat-saat ini adalah saat-saat maksimal, maka dari itu kami akan menggencarkan promo-promo berbagai produk,” kata dia kepada Kontan, Minggu (6/3).

Baca Juga: AlloFresh Manfaatkan Dana Rp 1 triliun untuk Kembangkan Operasional dan Teknologi

Satria menambahkan, Transmart bahkan telah menggodok pembahasan terkait strategi yang disiapkan menjelang ramadan sejak 6 bulan yang lalu. Menurutnya, ramadhan adalah momentum bagi perusahaan untuk bisa takeoff  dalam memacu kembali aktivitas perbelanjaan.

Ia pun mengakui bahwa bentuk kerja sama Trans Retail dengan PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) dengan membuat perusahaan patungan e-commerce khusus fresh dan grocery yakni aplikasi allofresh adalah salah satu bentuk strategi yang dipikirkan sejak 6 bulan yang lalu tersebut.

Sebagai informasi, kolaborasi Trans Retail dan Bukalapak juga disokong bantuan dari Growtheum Capital Partners dalam peluncuran platform aplikasi allofresh. Selanjutnya, allofresh akan memulai bisnisnya dengan pendanaan sebesar Rp 1 triliun, menawarkan lebih dari 150.000 SKU dari sekitar 10.000 pemasok dengan pengiriman cepat dalam waktu 3 jam. Selain itu, juga terdapat layanan quick e-commerce dengan opsi pengiriman 30 menit di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Trans Retail Luncurkan AlloFresh Gandeng Bukalapak dan Growtheum Capital Partners

Trans Retail melalui allofresh akan menghadirkan promo-promo produk yang dibutuhkan oleh konsumen. Promo tersebut mulai dari pengurangan harga produk asli hingga menghadirkan promo hemat ongkir pada aplikasinya. Ide untuk membentuk kolaborasi dengan Bukalapak ini diakui muncul karena pandemi yang masih belum teratasi.

Oleh karena itu, Satria bilang, diharapkan aplikasi allofresh dapat menjadi jawaban bagi kebutuhan produk sehari hari di era kenormalan baru. “Tentunya, diharapkan pula daya beli masyarakat dapat membaik dengan menyediakan tunjangan hari raya (THR), sehingga menaikkan kembali geliat sektor ritel,” tutup Satria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru