HOME

Trafik jaringan fiber XL HOME naik hingga 20%

Selasa, 18 Mei 2021 | 09:35 WIB   Reporter: Venny Suryanto
Trafik jaringan fiber XL HOME naik hingga 20%


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus berupaya memperluas jaringan fiber XL HOME ke berbagai kota di sejumlah provinsi. Salah satu langkah yang ditempuh adalah menjalin kerja sama dengan perusahaan penyedia jaringan fiber optic FiberStar. 

Adapun, EXCL menilai selama pandemi Covid-19, penggunaan akses internet tercatat semakin meningkat. Hal ini di tunjukkan lewat layanan XL Home yang turut mencatat kenaikan trafik pengguna sekitar 20% dari kondisi normal.  

Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan permintaan atas layanan XL HOME terus meningkat seiring dengan kebutuhan masyarakat untuk bisa belajar dan bekerja dari rumah selama masa pandemi setahun terakhir. Tercatat sampai saat ini jumlah pelanggan XL Home mencapai lebih dari 100.000 dengan cakupan lebih dari 540.000 home-passes.

Baca Juga: Sepanjang tahun lalu, pendapatan Citra Putra Realty (CLAY) turun 81,89%

“Saat ini penetrasi internet fiber broadband di indonesia masih sangat terbuka dan berpotensi jika dibandingkan dengan negara-negara di Asia Pasifik lainnya. Permintaan kebutuhan masyarakat terhadap internet cepat dan stabil sangat besar, meskipun secara kompetisi juga sangat ketat,” katanya saat dihubungi Kontan.co.id, Senin (17/5). 

Ia mengatakan, saat ini XL HOME telah melayani pelanggan di wilayah Jabodetabek, Yogyakarta, Denpasar, Makassar, Balikpapan, Banjarmasin, dan Banjarbaru. Selanjutnya juga ada di Medan, Palembang, Bandung, Cirebon, Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo. “Tentunya ke depan kami akan terus diperluas ke wilayah lainnya menyesuaikan dengan rencana bisnis perusahaan,” harapnya. 

Adapun, untuk mempercepat pertumbuhan bisnis jaringan fiber XL telah menjalin kerjasama dengan para pengembang properti untuk membangun jaringan ke dalam area perumahan. “Selain itu XL Axiata juga bekerjasama dengan perusahaan penyedia jaringan fiber optic, diantaranya FiberStar,” ungkapnya. 

Ia bilang, kerjasama antara FiberStar dan XL HOME berupaya untuk membantu lebih banyak masyarakat supaya bisa melakukan banyak aktivitas dari rumah.

Selain itu, XL HOME juga menyediakan layanan internet rumah fiber optik yang super cepat dan stabil dengan harga yang terjangkau. Paket internet XL HOME juga sudah dilengkapi dengan XL HOME Entertainment Box dengan teknologi Android terbaru. 

Baca Juga: Indospring (INDS) yakin kinerja di 2021 tumbuh positif

Nantinya, layanan ini bisa mengubah TV biasa milik pelanggan menjadi smart TV yang bisa mengakses tayangan hiburan berkualitas tinggi dari mitra-mitra kelas dunia seperti Netflix, CATCHPLAY+, iflix, serta saluran nasional dan internasional melalui aplikasi Vidio, hingga Youtube dan beragam aplikasi di Google Playstore.

Sementara itu, EXCL juga telah menyiapkan belanja modal sebesar Rp 7 triliun. Dana ini akan digunakan untuk mendukung pengembangan jaringan 4G, fiberisasi termasuk XL Home. Ia menilai, bisnis jaringan fiber menjadi bisnis yang sangat strategis bagi perusahaan. 

“Termasuk pula untuk mendukung kesiapan 5G dalam upaya mendukung bisnis layanan data,” tutupnya. 

Selanjutnya: Harga batubara naik, kesempatan bagi Bukit Asam (PTBA) dongkrak produksi

 

Editor: Tendi Mahadi
Terbaru