Toyota Mendukung Kewajiban Penerapan Teknologi Bahan Bakar Standar Euro 4

Kamis, 10 Maret 2022 | 06:50 WIB   Reporter: Dimas Andi
Toyota Mendukung Kewajiban Penerapan Teknologi Bahan Bakar Standar Euro 4


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Toyota Astra Motor (TAM) mendukung kewajiban penerapan teknologi bahan bakar standar Euro 4 pada mobil berbahan bakar diesel mulai 7 April 2022.

Sebagai informasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) menerbitkan Peraturan Menteri LHK RI No. P.20/MENLHK/SETJEN-KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau Euro 4. Sebenarnya, standar Euro 4 direncanakan diterapkan pada April 2021. Namun, akibat dampak pandemi Covid-19, kebijakan ini baru berlaku pada April 2022.

Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy menyebut, sebelumnya penerapan Euro 4 diberlakukan pada mobil berbahan bakar bensin. Kini, demi mengurangi tingkat emisi gas buang, komitmen TAM sebagai Agen Pemegang Merek (APM) otomotif diperluas dengan menerapkan standar Euro 4 pada mobil diesel.

Baca Juga: Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) Luncurkan Kendaran Bersatandar Euro4

“Kami sedang berada di tahap akhir menyiapkan model-model kendaraan komersial yang akan menerapkan standar Euro 4 pada waktu yang sesuai dengan aturan yang ada,” ungkap Anton, Selasa (8/3) lalu.

Merujuk situs resmi TAM, APM ini memiliki sejumlah model mobil komersial yang berbahan bakar diesel. Di antaranya adalah New Hilux S Cab, New Hilux D Cab, Dyna, dan All New Hiace Premio.

Anton tidak menyebut target penjualan mobil komersial Toyota pasca penerapan Euro 4 nanti. Menurut dia, fokus utama Toyota adalah terus memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan, termasuk di segmen mobil komersial yang umumnya digunakan untuk menunjang kebutuhan industri dan bisnis. “Jadi kalau secara angka mungkin akan tergantung pada permintaan,” imbuh dia.

Baca Juga: Keseriusan Pemerintah Terkait Penerapan Euro 4 Dipertanyakan

Lebih lanjut, untuk dapat memenuhi aturan terkait bahan bakar standar Euro 4, ada beberapa penyesuaian yang dilakukan pada spesifikasi mobil Toyota. Hal ini berpotensi berdampak pada harga jual produk mengingat adanya beberapa part teknologi pada mesin yang disesuaikan dengan ketentuan Euro4.

Bagi para pengguna produk Toyota lama yang belum menggunakan teknologi Euro 4, mereka tetap bisa menggunakan mobilnya secara normal. Sebab, penerapan Euro 4 berlaku bagi produk mobil diesel terbaru mulai April 2022 dan seterusnya. “Penting bagi konsumen untuk melihat informasi detail termasuk saran penggunaan bahan bakar yang mengacu pada buku manual dari masing-masing model,” pungkas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru