Total Klaim Asuransi untuk Covid-19 Capai Rp 9 Triliun Hingga Maret 2022

Senin, 13 Juni 2022 | 06:00 WIB   Reporter: Adrianus Octaviano
Total Klaim Asuransi untuk Covid-19 Capai Rp 9 Triliun Hingga Maret 2022


KONTAN.CO.ID -   JAKARTA. Meski kasus Covid-19 mulai pulih, industri asuransi jiwa masih terus bayarkan klaim Covid-19.  Angkanya pun masih bertambah namun sudah tak terlalu signifikan.

“Sejak Maret 2020 sampai Maret kuartal pertama ini, total klaim yang sudah dibayarkan perusahaan asuransi jiwa kepada nasabah terkait Covid-19 itu sudah lebih dari Rp 9 triliun,” ujar Ketua Bidang Marketing dan Komunikasi Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Wiroyo Karsono.

Sebagai informasi, hingga akhir Desember 2021 yang lalu, jumlah total klaim Covid-19 sudah sekitar Rp 8,82 triliun. Itu berarti angka penambahan klaim di periode kuartal terakhir hanya sekitar Rp 1 triliun.

Baca Juga: Industri Asuransi Genjot Pemasaran Melalui Kanal Digital

Penambahan tersebut pun memang sudah tak terlalu signifikan jika dibandingkan pada periode Juli hingga September 2021 yang nilainya bisa bertambah Rp 3,69 triliun. Wiroyo pun menyebut penambahan di kuartal yang berakhir pada 31 Maret 2022 kemarin karena varian Omicron.

“Ini kontribusi industri terhadap masyarakat dengan adanya pandemi ini,” ujar Wiroyo.

Oleh karenanya, klaim kesehatan pun juga mengalami peningkatan di periode yang sama. Klaim kesehatan yang dibayar oleh industri mencapai Rp 3,3 triliun atau naik sekitar 28,3% year on year.

“Pandemi walaupun tingkat fatality-nya sudah berkurang, namun saat itu justru tingkat infection-nya tinggi sekali karena kasus Omicron,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru