kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tokopedia Jamin Keamanan Data Pribadi Pelanggan


Selasa, 13 September 2022 / 06:50 WIB
Tokopedia Jamin Keamanan Data Pribadi Pelanggan

Reporter: Venny Suryanto | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tokopedia menjamin keamanan sistem Teknologi Informasi (TI), serta perlindungan dalam menjaga privasi data pribadi pengguna. Hal tersebut selalu menjadi prioritas utama yang dilakukan Tokopedia.

Leny Suwardi, SVP of Data Protection and Privacy Office Tokopedia mengatakan sebagai perusahaan teknologi Indonesia dengan bisnis reputasi dan kepercayaan, Tokopedia terus melakukan berbagai pengendalian keamanan yang memadai dengan melakukan pembatasan akses dan perlindungan berlapis terhadap data.  

Dalam upayanya, Tokopedia melakukan penguatan terhadap tiga hal yakni memperkuat kapasitas, meningkatkan kapabilitas dan melakukan kerja sama dengan talenta digital.

“Contohnya seperti mewajibkan seluruh Nakama (sebutan karyawan Tokopedia) untuk mengikuti program pelatihan dan sertifikasi yang berkaitan dengan keamanan sistem TI serta perlindungan dan privasi data pengguna dalam NXT (ekosistem pembelajaran untuk Nakama materi bersumber dari institusi keamanan terpercaya),” jelas dia kepada Kontan.co.id, Senin (12/9).

Baca Juga: Pertamina Jamin Keamanan Data Pelanggan MyPertamina

Di samping itu, Tokopedia juga membangun teknologi yang sesuai dengan proses bisnis, termasuk membangun teknologi untuk menunjang berbagai aktivitas dalam perlindungan data pribadi serta menerapkan sejumlah prinsip keamanan sistem TI sesuai standar keamanan terbaik di industri.

“Tokopedia juga konsisten berkolaborasi dengan para mitra strategis yang memiliki spesialisasi di bidang keamanan siber dan perlindungan data pribadi untuk terus meningkatkan tata kelola, prosedur, dan sistem antisipasi dan mitigasi ancaman terhadap keamanan sistem TI serta perlindungan dan privasi data pengguna Tokopedia,” imbuh dia.

Untuk penanganan lebih, Tokopedia pun membentuk satu tim khusus, yakni Data Protection and Privacy Office (DPPO), yang bertujuan untuk melindungi dan menjaga privasi data pengguna Tokopedia.

“DPPO juga memastikan bahwa mekanisme terkait data pribadi yang berlaku di Tokopedia telah sesuai dengan regulasi dan aturan pemerintah yang berlaku,” ungkap ya.

Baca Juga: Tarif Ojek Online Naik, Simak Rekomendasi Saham GOTO Berikut Ini

Sayangnya, berkaitan dengan jumlah anggaran yang dikeluarkan untuk kebutuhan keamanan sistem TI serta perlindungan dan privasi data pengguna, pihaknya tidak bisa memberikan informasi lebih lanjut.

“Yang dapat kami sampaikan adalah, merekrut talenta yang mumpuni adalah investasi terbesar bagi perusahaan teknologi seperti Tokopedia. Kami percaya bahwa sumber daya manusia terbaik lah yang menjadi kunci dari hadirnya tim yang berkualitas dan produktif dalam menciptakan ekosistem keamanan sistem TI,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

×