kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.133.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

TikTok Shop Bakal Dibuka Lagi? Ini Penjelasan Kemenkop UKM


Kamis, 23 November 2023 / 10:22 WIB
TikTok Shop Bakal Dibuka Lagi? Ini Penjelasan Kemenkop UKM
ILUSTRASI. TikTok Shop bakal dibuka lagi di Indonesia. KONTAN/Fransiskus Simbolon

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. TikTok Shop bakal dibuka lagi di Indonesia. Adanya sinyal dibukanya layanan dagangnya TikTok itu dikonfirmasi oleh Asisten Deputi Pembiayaan dan Investasi UKM, Deputi Bidang UKM, KemenKopUKM, Temmy Satya Permana saat ditemui media di Jakarta, akhir pekan lalu. 

Berdasarkan informasi yang diterima dari TikTok langsung, Temmy mengatakan, rencana pembukaan TikTok Shop-nya tersebut benar adanya. Bahkan rencana pembukaan layanan dagangnya itu dilakukan dengan bergabung ke salah satu perusahaan e-commerce di Tanah Air. 

Hanya saja Temmy belum mau bicara ihwal e-commerce apa yang dimaksud, termasuk soal waktu pembukaan TikTok Shop itu dilakukan. 

"Buka, informasi yang saya dapat dari TikTok mereka akan buka dan akan comply. Sebetulnya mereka sudah proses tapi karena memang tak ada peralihan transisi di regulasi itu, mereka enggak sanggup dalam waktu 1 minggu memenuhi regulasi. Terutama, memisahkan social commerce dengan sosial medianya," ujar Temmy. 

"Nanti ada bocorannya, ada beberapa versi udah saya dengar, tapi saya belum berani ngomong, tapi kemungkinan dia akan bergabung, kemungkinan ya, karena kalau bikin perusahaan sendiri (PT) kayaknya enggak," sambung Temy. 

Baca Juga: Begini Respon Kominfo Soal Rencana TikTok Buka E-commerce

Menurutnya, dengan hadirnya kembali TikTok Shop di e-commerce lain, akan meningkatkan persaingan antar pelaku e-commerce untuk meningkatkan kualitas layanan. 

Lebih lanjut Temmy mengatakan, bila TikTok Shop memang resmi bergabung ke platform e-commerce lain, maka aksi merger itu diperbolehkan oleh pemerintah. 

Dia mengatakan pemerintah tak khawatir jika TikTok Shop bergabung dengan salah satu e-commerce akan melemahkan pasar e-commerce lokal lainnya. 

“Selama itu business to business (B2B) tidak masalah, selama semua mengikuti aturan tidak ada masalah. Tinggal bagaimana masyarakat menilai,” ujarnya. 

Sebelumnya, TikTok Indonesia juga memberikan "sinyal" besar akan membuka bisnis platform jualan online, yakni TikTok E-commerce. 

Baca Juga: Negara di Asean Ramai-ramai Menyoroti Gaya Berbisnis Tiktok

Hal itu ditandai dengan dibukanya lowongan kerja TikTok dalam program TikTok Shop Graduate Development Program (Indonesia E-commerce)-2024 start. 

Mengutip dari akun linkedIn resmi TikTok, Selasa (17/10/2023), posisi yang ditawarkan untuk TikTok e-commerce diantaranya adalah Business Communication Expert, Logistic Operations, Campaign & Community Lead Fashion (e-commerce), hingga Regional Special Project TikTok Shop Shopping Center (e-commerce).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "TikTok Shop Bakal Buka Lagi, Ada Opsi Gabung ke "E-commerce""

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×