kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Terobosan baru, BNI melirik UKM tanaman hias mendapatkan KUR


Sabtu, 08 Mei 2021 / 08:05 WIB
Terobosan baru, BNI melirik UKM tanaman hias mendapatkan KUR

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) terus memperluas dukungannya kepada pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dari berbagai bidang industri untuk mampu meningkatkan kapasitas bisnisnya hingga sanggup mengekspor produknya.

Kali ini, BNI melirik UKM pengembang tanaman hias untuk mendapatkan dukungan finansial berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Langkah ini menjadi terobosan baru dari perbankan untuk mendorong peningkatan nilai tambah dan daya saing UKM di pasar global pada para petani tanaman hias, sehingga nantinya turut membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Untuk mendukung upaya itu, Persero bekerjasama dengan CV Minaqu sebagai salah satu perusahaan eksportir tanaman hias. BNI menyalurkan KUR kepada petani florikultura yang berorientasi ekspor.

Baca Juga: Jumlah transaksi BNI Mobile Banking melesat 50,4% dalam setahun pandemi

Kerja sama ini diharapkan dapat mengembangkan dan meningkatkan potensi florikultura Indonesia agar semakin dilirik dunia internasional dan menjadi salah satu produk unggulan ekspor.

Budidaya Florikultura sendiri merupakan salah satu bidang usaha yang menjanjikan. Buktinya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang didampingi Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo melepas ekspor Florikultura dan benih sayuran dari 25 perusahaan eksportir ke 28 negara.

Acara pelepasan ekspor ini dilaksanakan di Jungle Fest, Bogor, Jawa Barat, pada 6 Mei 2021. Ini merupakan komitmen pemerintah dalam mendukung program ekspor komoditas florikultura dan hortikultura.

Dalam rangkaian acara tersebut dilakukan penyerahan KUR BNI secara simbolis kepada 100 petani binaan CV Minaqu oleh Menteri Koordinator Perekonomian  dan Menteri Pertanian. Dalam acara tersebut turut hadir Wakil Walikota Bogor Dedie A Rachim, dan Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto.



TERBARU

×