kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Terkenal di Nigeria, Penarikan Indomie di Taiwan Sempet Bikin Geger Negara Itu


Senin, 15 Mei 2023 / 11:41 WIB
Terkenal di Nigeria, Penarikan Indomie di Taiwan Sempet Bikin Geger Negara Itu
ILUSTRASI. Sejak Taiwan mendeteksi adanya kandungan etilen oksida pada Indomie Rasa Ayam Spesial, kehebohan muncul di sejumlah negara. The Beijinger/Rawpixel Ltd.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Sejak Taiwan mengumumkan bahwa pihaknya telah mendeteksi adanya kandungan etilen oksida pada Indomie Rasa Ayam Spesial, kehebohan muncul di sejumlah negara. 

Pertama, Malaysia. 

Malaysia langsung menarik produk dan melakukan pengujian atas Indomie Rasa Ayam Spesial. Hingga akhirnya, Negeri Jiran mengumumkan bahwa produk tersebut aman dan telah memenuhi aturan yang berlaku. 

"Berdasarkan analisis laboratorium yang telah dilakukan pada sampel, Kementerian Kesehatan menegaskan bahwa produk tersebut memenuhi undang-undang yang ditentukan dan aman untuk dimakan," kata direktur jenderal kesehatan Malaysia Muhammad Radzi Abu Hassan dalam sebuah pernyataan seperti yang dikutip dari Channel News Asia. 

Menurut Dr Radzi, Kementerian Kesehatan menerapkan enam tingkat pemeriksaan terhadap produk makanan impor di pintu masuk negara berdasarkan risiko. Produk yang tidak sesuai aturan ditarik dari pasaran, tambahnya.

“Untuk pemeriksaan Level 5 yaitu Hold, Test and Release (TUL), produk pangan yang masuk ke dalam negeri akan ditahan dan dianalisis terlebih dahulu. 

Baca Juga: Berdasarkan Analisis Lab, Kemenkes Malaysia Tegaskan Indomie Rasa Ayam Spesial Aman

“Hanya produk makanan yang memenuhi standar yang dilepas untuk pasar Malaysia,” katanya. Dia mencatat, sejak 2022 hingga April 2023, 37 dari 317 sampel yang dianalisis dengan TUL merupakan produk mi instan dari berbagai merek yang diuji parameter etilen oksida.

Kedua, Nigeria.

Isu keamanan Indomie juga membuat geger Nigeria. Pasalnya, negara ini mi instan merek Indomie sangat terkenal. Bahkan kabarnya, masyarakat Nigeria kerap mengidentikkan mi instan jenis apapin sebagai Indomie. 

Merespon kepanikan masyarakat Nigeria, Direktorat Keamanan Pangan dan Nutrisi Terapan (NAFDAC) angkat bicara. 

Melansir Dailypost.ng, NAFDAC telah mengkonfirmasi bahwa Mie Instan Indomie yang diproduksi secara lokal di Nigeria aman untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Indofood dan Indofood CBP Sukses Makmur Catatkan Kinerja Positif pada Kuartal I 2023

NAFDAC juga membantah laporan yang beredar secara online bahwa Mie Instan Indomie yang diproduksi secara lokal telah dilarang. 

“NAFDAC tidak melarang Mi Instan Indomie diproduksi di Nigeria. NAFDAC telah mendaftarkan beberapa produsen lokal dan mie Indomie telah bersertifikat aman untuk dikonsumsi. Mie Taiwan dan Malaysia tidak ada hubungannya dengan produsen lokal kami,” demikian kata Direktur Jenderal NAFDAC, Mojisola Adeyeye. 



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

×