Global

Terkadang, harta karun tidak harus digali atau dicari hingga ke ujung dunia

Rabu, 05 Mei 2021 | 12:15 WIB Sumber: Kompas.com
Terkadang, harta karun tidak harus digali atau dicari hingga ke ujung dunia

KONTAN.CO.ID - Jinan. Biasanya, pemburu harta karun mendapatkan buruannya dengan menggali ke dalam tanah atau menyelam ke dasar laut. Namun, dua orang ini bisa mendapatkan harta karun bernilai mahal dengan cara yang tidak terduga.

Seperti yang dialami seorang pria dari provinsi Shandong, China, menemukan harta karun berupa bundel uang tunai, emas, dan beberapa slip setoran setelah membawa pulang sofa buangan yang dia temukan di pinggir jalan.

Artikel Oriental Daily yang dilansir World of Buzz pada Senin (3/5/2021) menyebutkan, pria itu melihat sofa yang dibuang di pinggir jalan kepanasan serta kehujanan berhari-hari. Pria tersebut lalu merasa kayu bekas sofa masih bisa berguna dan akhirnya membawanya pulang.

Pada Hari Buruh 1 Mei ia membongkar sofa itu dengan beberapa alat. Begitu dia merobeknya sampai terbuka, ada tas anyaman tangan yang jatuh berisi setumpuk uang tunai, bongkahan emas kecil, dan beberapa slip setoran.

Pria yang tak disebut namanya itu lalu memanggil saudaranya untuk membantu mencari pemilik barang tersebut. "Ini bukan milik kami, kami tak boleh mengambilnya," kata dia.

Baca juga: Pemerintah buka izin usaha asing cari harta karun bawah laut

Harta karun mutiara di makanan

Kejadian mengejutkan berupa penemuan harta karun yang bernilai tinggi lainnya juga terjadi di Thailand pada akhir Maret. Kodchakorn Tantiwiwatkul menemukan harta karun berupa mutiara Melo berwarna oranye di hidangan makan siang yang disantapnya.

Kala itu ia membeli siput seharga 70 baht (sekitar Rp 32.494) dari pasar di Satun, dan menemukan permata itu. Dia memotong siput yang dibelinya hingga ke bawah, saat menemukan benda bulat yang awalnya dia kira sebagai batu.

Baca juga: Pemburu harta karun asing incar kapal Flor de la Mar yang tenggelam di Selat Malaka

Dia segera menyadari benda itu adalah mutiara Melo dengan diameter 1,5 sentimeter dan bisa membuatnya kaya mendadak. Kodchakorn menuturkan, dia dan keluarganya menyimpan harta karun itu karena takut penjual siput laut akan meminta lagi barang dagangannya. Dia ingin menjual mutiara itu untuk membiayai pengobatan ibunya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bawa Pulang Sofa Buangan di Jalan, Pria Ini Temukan Segepok Uang dan Emas",


Penulis : Aditya Jaya Iswara
Editor : Aditya Jaya Iswara

Selanjutnya: Dua orang ini temukan harta karun karena hal sepele

 

Editor: Adi Wikanto
Terbaru