kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Temas (TMAS) Kaji Ekspansi Bisnis Pelabuhan di IKN Lewat Anak Usahanya


Kamis, 13 April 2023 / 10:05 WIB
Temas (TMAS) Kaji Ekspansi Bisnis Pelabuhan di IKN Lewat Anak Usahanya

Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Temas Tbk (TMAS) melalui entitas anak perusahaan PT Temas Port dalam proses penjajakan ekspansi pelabuhan ke Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. 

Direktur Temas Port, Lina Santi menjelaskan saat ini pihaknya sedang mempelajari beberapa aspek yang akan menjadi dasar pertimbangan ekspansi pelabuhan di IKN. Temas Port bisa saja membangun sendiri pelabuhan tersebut atau bekerja sama dengan pelabuhan yang sudah ada tetapi belum dikembangkan dengan optimal. 

“Namun untuk perincian rencana bisnis jangka menengah hingga panjang di IKN saat ini kami sedang mempelajarinya,” ujarnya dalam paparan publik di Jakarta, Rabu (12/4). 

Lina menyatakan saat ini perusahaan sedang melihat perkembangan kondisi bisnis secara umum di tengah tahun politik hingga perkembangan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. 

Baca Juga: Temas (TMAS) Siapkan Capex Rp 1 Triliun, Mayoritas untuk Tambah 10 Armada Baru

Jika situasi secara ekonomi stabil dan tumbuh, Lina yakin tidak menutup kemungkinan ekspansi pelabuhan ke IKN akan berjalan baik. 

Selain menjajaki ekspansi pelabuhan ke Kalimantan, Temas Port juga turut mencari peluang di beberapa pulau lainnya yakni Sumatera dan Papua. Dipilihnya ketiga pulau ini karena dinilai strategis secara komersial dan geografis. 

Direktur PT Temas Shipping, Harry Haryanto menambahkan prospek bisnis di IKN cukup cerah. Setelah wacana pemerintah akan memindahkan ibu kota ke Kalimantan TImur terus bergulir, sudah ada tren kenaikan lalu lintas pelabuhan dari Jakarta maupun Surabaya ke Balikpapan dan Samarinda. 

“Tren kargo sebenarnya belum terlalu signifikan naiknya, tetapi sudah kelihatan harapan 2023 dan 2024 peningkatannya bisa akan cukup signifikan pengiriman barang-barang ke Kalimantan Timur,” ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×