Ekonomi

Tarif 31 jalan tol akan naik tahun ini

Rabu, 03 Februari 2021 | 06:30 WIB   Reporter: Amalia Nur Fitri
Tarif 31 jalan tol akan naik tahun ini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyebutkan akan ada 31 ruas jalan tol yang tarifnya bakal naik di tahun 2021.

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan, kenaikan tarif tersebut akan dilakukan bertahap dan dibagi menjadi empat klaster. Klaster pertama akan berlangsung pada Januari-Maret. Sementara klaster kedua pada April-Juni.

Selanjutnya klaster ketiga akan berlangsung pada Juli-Agustus dan klaster keempat dilakukan pada September-Desember.

Baca Juga: Uji coba transaksi jalan tol dengan sistem MLFF dilakukan di 41 ruas tol

"Pada 2021, akan ada 31 ruas yang akan mengalami penyesuaian, dan di kami sendiri atas arahan Pak Menteri mengharapkan ada empat klaster untuk penyesuaian tarif ini," ujar Danang dalam acara bertajuk Dukungan Inovasi dan Pengembangan Jalan Tol tahun 2021 bersama BPJT Kementerian PUPR, Selasa (2/2).

Namun demikian, Danang tidak merinci ruas tol yang tarifnya akan naik tahun ini. Namun, ia menyebut pada klaster pertama, akan ada 10 ruas jalan tol yang tarifnya naik.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja mengatakan, pada klaster kedua, akan ada 3 ruas jalan tol yang tarifnya naik, kemudian klaster ketiga ada 4 ruas jalan tol, dan klaster keempat ada 14 ruas tol yang naik tarifnya.

 

Selanjutnya: BPJT: Pelelangan 9 ruas jalan tol dilaksanakan antara kuartal II dan IV 2021

 

Editor: Khomarul Hidayat
Terbaru