Tangan Kanan Warren Buffett: Inflasi Tidak Berperan dalam Strategi Investasi Saya

Rabu, 20 Juli 2022 | 11:31 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Tangan Kanan Warren Buffett: Inflasi Tidak Berperan dalam Strategi Investasi Saya

ILUSTRASI. Wakil Ketua Berkshire Hathaway Charlie Munger sebagian besar mengabaikan tren ekonomi makro dan inflasi ketika dia membuat keputusan tentang investasi.


KONTAN.CO.ID -  NEW YORK. Charlie Munger dari Berkshire Hathaway membahas pandangannya tentang inflasi, ekonomi, dan minyak baru-baru ini.

Investor miliarder Munger yang telah menjadi tangan kanan Warren Buffett selama beberapa dekade, mendiskusikan pandangannya dengan Financial Review di Australia.

Melansir The Street, Charlie Munger mengatakan, ekonomi global akan bergantung pada bahan bakar fosil selama beberapa dekade.

"Saya pikir kita akan menggunakan bahan bakar fosil untuk waktu yang lama ke depan karena kita harus... Kita tidak akan menghilangkan bahan bakar fosil, kita hanya akan menggunakan lebih sedikit," katanya. 

Tapi Munger adalah penggemar energi terbarukan.

"Dan saya juga berpikir lebih banyak pembangkit listrik dunia akan datang dari energi terbarukan," katanya. "Keduanya akan terjadi."

Bagaimana pandangan Charlie Munger tentang ekonomi dan inflasi?

Inflasi tidak berperan dalam strategi investasi Munger.

"Saya selalu menyadarinya, tetapi itu tidak menghentikan saya untuk beroperasi," katanya. 

"Saya berusia 98½ tahun, dan saya telah melihat banyak terjadinya inflasi. Saya berniat untuk hidup melalui inflasi. Saya telah mengalami banyak inflasi dalam hidup saya yang panjang. Itu tidak membuat saya patah semangat."

Charlie Munger sebagian besar mengabaikan tren ekonomi makro saat ini ketika dia membuat keputusan tentang investasi.

"Saya tidak terlalu memperhatikan tren ekonomi makro," katanya. "Seperti cuaca, saya hanya mengabaikan cuaca. Saya hanya mencoba menginvestasikan modal apa pun yang saya miliki sebaik mungkin & mengambil hasilnya saat jatuh. Saya hanya memanfaatkan peluang apa pun yang saya bisa & saya harap saya mendapatkan bagian saya."

Baca Juga: Warren Buffett: Jika Tak Ada yang Berpikir Baik Tentang Anda, Hidup Anda Bencana

Sebelumnya, melansir CNBC, berbicara pada pertemuan pemegang saham tahunan Berkshire Hathaway 2022, Warren Buffett mengulangi nasihatnya yang telah lama dipegangnya terkait inflasi. 

Yakni, salah satu perlindungan terkuat terhadap inflasi adalah mempertajam keterampilan Anda dan bekerja untuk menjadi yang terbaik di bidang Anda.

"Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menjadi sangat baik dalam melakukan sesuatu," kata pria berusia 91 tahun itu. 

Menyebutkan profesi seperti dokter dan pengacara sebagai contoh, Buffett mengatakan bahwa: 

Baca Juga: Perusahaan Warren Buffett Kembali Tambah Kepemilikan di Occidental Petroleum

”(Orang) akan memberi Anda sebagian dari apa yang mereka hasilkan sebagai imbalan atas apa yang Anda berikan.”

Warren Buffett menambahkan bahwa keterampilan, tidak seperti mata uang, tahan terhadap inflasi. Jika Anda memiliki keterampilan yang diminati, itu akan tetap diminati tidak peduli berapa nilai dolarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru