Ekonomi

Tambah gerai baru, AMRT siapkan Capex Rp 2,5 triliun tahun 2021

Minggu, 21 Februari 2021 | 13:45 WIB   Reporter: Venny Suryanto
Tambah gerai baru, AMRT siapkan Capex Rp 2,5 triliun tahun 2021

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) terus ekspansif. Emiten pengelola jaringan minimarket Alfamart itu berencana terus menambah gerai baru di tahun ini. 

Corporate Director Affairs AMRT Solihin mengatakan, target ekspansi AMRT di tahun ini akan membuka sekitar 500-750 gerai baru baik franchise maupun reguler. 

Emiten ritel ini juga menganggarkan belanja modal atau capital expenditure sebesar Rp 2,5 triliun di tahun ini. Dana tersebut akan digunakan untuk pembukaan gerai dan juga perpanjangan toko-toko yang sudah ada. Sebagai gambaran, per kuartal III 2020, jumlah gerai Alfamart di seluruh Indonesia berjumlah 15.102 unit.

Ia juga mengatakan, AMRT telah mempersiapkan sejumlah strategi guna menunjang pertumbuhan kinerja. Diantaranya yakni meningkatkan layanan digital untuk dapat melayani konsumen dengan lebih baik melalui platform digital Alfamart (Alfagift) dan customer relationship management yang mengedepankan personalisasi. 

“Selain itu juga memanfaatkan data perilaku belanja konsumen yang dimiliki dengan meningkatan kemampuan analisis data,” katanya kepada Kontan.co.id, Jumat (19/2). 

Baca Juga: PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) Menyiapkan Belanja Modal Rp 3 Triliun

Strategi lain yang dilakukan AMRT adalah bekerja sama dengan supplier untuk memberikan promo-promo bagi konsumen.

Adapun AMRT juga telah mengembangkan konsep baru dengan nama Alfaexpress dan Alfa X. Alfaexpress mengusung konsep convenience store dengan tampilan yang lebih modern dan menyediakan produk citarasa lokal dengan pelayanan ramah. Sementara itu, Alfaexpress sudah ada di lokasi-lokasi yang spesifik seperti Stasiun, Rest Area, Bandara, Pelabuhan, MRT, Perkantoran dan Rumah sakit. 

“Sedangkan Alfa X mengusung konsep experience something new, connect and unites various people, collaborate to bring new ideas yang berada di sekitar universitas,” katanya. 

Tidak hanya dalam negeri, AMRT juga terus mengembangkan kiprahnya di luar negeri. Melansir pemberitaan Kontan.co.id sebelumnya, AMRT meresmikan gerai ke-1.000 di Filipina pada November 2020. Pencapaian ini terbilang impresif sejak Alfamart berinvestasi pada tahun 2014 di Filipina.

Sebagai informasi tambahan, pemulihan bisnis AMRT telah tercermin di kuartal ketiga. Pada kuartal ketiga 2020, AMRT mencatat kenaikan pendapatan sebesar 4,18% menjadi Rp 56,37 triliun dari sebelumnya Rp 54,11 triliun.

Selain itu, pendapatan Perseroan yang tercatat meningkat itu didukung dengan kontribusi dari penambahan toko baru. Kendati secara pertumbuhan rata-rata penjualan di tiap toko atau same store sales growth (SSSG) hingga September 2020 masih -3%, namun revenue masih bisa bertumbuh 4% dan expansion rate tumbuh 6%-7%.

Selanjutnya: Kejar pertumbuhan, ini rencana ekspansi Sumber Alfaria Trijaya di tahun 2021

 

Editor: Handoyo .


Terbaru