kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

TAM: Antusiasme Konsumen Terhadap Model All New Kijang Innova Zenix Tergolong Tinggi


Rabu, 21 Desember 2022 / 07:15 WIB
TAM: Antusiasme Konsumen Terhadap Model All New Kijang Innova Zenix Tergolong Tinggi

Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - YOGYAKARTA. PT Toyota Astra Motor (TAM) mengaku antusiasme konsumen Indonesia terhadap model terbaru yaitu Toyota All New Kijang Innova Zenix tergolong tinggi.

Marketing Director Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy mengatakan, pihaknya telah mencatatkan sekitar 7.200 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) untuk model Kijang Innova Zenix hingga 18 Desember 2022. Sejauh ini, konsumen cenderung lebih banyak memburu Kijang Innova Zenix Tipe Q.

"Kalau dilihat sebanyak 80% Innova Zenix yang dipesan oleh konsumen adalah model hybrid. Dari 80% tersebut, sekitar 30% di antaranya adalah tipe Q," ujar Anton ketika ditemui Kontan, Selasa (20/12).

Baca Juga: Toyota Innova Zenix Produksi Indonesia Bakal Diekspor ke 50 Negara di Dunia

Pihak TAM sebenarnya masih mendata profil-profil konsumen yang memesan Kijang Innova Zenix di Tanah Air. Dari gambaran awal, tampak model terbaru ini lebih banyak dipesan oleh konsumen kalangan atas. Kendati begitu, Toyota memperkirakan seiring berjalannya waktu model ini juga bakal banyak diminati konsumen kelas menengah.

Anton melanjutkan, konsumen akan mengalami inden setelah memesan Kijang Innova Zenix. Untuk model hybrid, rata-rata waktu inden diperkirakan sekitar 6 bulan mengingat permintaannya yang cukup tinggi. "Untuk model gasoline, lebih cepat indennya," imbuh dia.

Terlepas dari itu, Anton menilai keberadaan Kijang Innova Zenix menjadi salah satu upaya Toyota untuk semakin mempopulerkan teknologi elektrifikasi di Indonesia. Terlebih lagi, model terbaru ini diproduksi langsung di pabrik Toyota di Karawang, Jawa Barat.

"Kami juga terus sosialisasikan agar masyarakat paham bahwa kendaraan yang ramah lingkungan bukan hanya BEV (Battery Electric Vehicle), melainkan juga hybrid," tandas dia.

Baca Juga: Pemesanan Innova Zenix Hybrid Tembus 1.200 Unit, Auto2000 Jakarta: Inden 6 Bulan

Sebagai informasi, Kijang Innova Zenix tersedia dalam tiga tipe untuk varian hybrid. Di antaranya, tipe G yang dibanderol seharga Rp 458 juta, tipe V senilai Rp 532 juta, dan tipe Q senilai Rp 611 juta.

Kijang Innova Zenix juga hadir dalam varian bensin atau gasoline yang terdiri dari dua tipe. Untuk tipe G, harganya ditetapkan sebesar Rp 419 juta, sedangkan tipe V sebesar Rp 497 juta.

Dalam berita sebelumnya, pihak TAM menargetkan penjualan Kijang Innova Zenix sekitar 4.000 unit per bulan atau setara dengan penjualan model Kijang generasi terdahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×