kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Taliban dan mantan presiden Afghanistan mulai membahas pembentukan pemerintahan baru


Kamis, 19 Agustus 2021 / 15:25 WIB
Taliban dan mantan presiden Afghanistan mulai membahas pembentukan pemerintahan baru

Sumber: Arab News | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - KABUL. Mantan Presiden Afghanistan Hamid Karzai bertemu dengan Anas Haqqani, seorang anggota kunci Taliban, pada Rabu, ketika para pemimpin tinggi Taliban tiba di Afghanistan untuk memulai pembicaraan penting bagi pembentukan pemerintahan baru.

Jaringan Haqqani, yang dicap sebagai kelompok teroris oleh AS pada 2012, adalah faksi penting Taliban yang merebut ibu kota Afghanistan, Kabul, dalam pengambilalihan yang menakjubkan pada hari Minggu, kembali berkuasa hampir 20 tahun setelah digulingkan di AS.

Saat Taliban mengepung Kabul, Presiden Ashraf Ghani terbang ke luar negeri dan kemudian memposting di Facebook bahwa dia pergi untuk menghindari pertumpahan darah di ibu kota, tanpa mengatakan ke mana dia pergi.

Sejak itu, sebuah dewan pemerintah Afghanistan yang terdiri dari Karzai, Gulbudin Hekmatyar, pemimpin kelompok politik dan paramiliter Hizbut Tahrir, dan Abdullah Abdullah, utusan perdamaian utama pemerintahan lama, telah berusaha untuk menggambar peta jalan masa depan untuk Afghanistan.

Delegasi Taliban yang dipimpin oleh Baradar, kepala kantor politik kelompok itu di Qatar, tiba di Afghanistan pada Selasa malam, dengan menumpang pesawat militer Qatar yang mendarat di provinsi Kandahar selatan, markas kelompok itu.

Baca Juga: Presiden Ghani membantah membawa banyak uang saat meninggalkan Afghanistan

Selama konferensi pers semalam di Kandahar, Mullah Khairullah Khairkhaw, anggota tim Taliban, mengatakan bahwa delegasi akan mengadakan konsultasi dan diskusi dengan para pemimpin lokal dan lainnya tentang pembentukan pemerintah inklusif.

Sementara itu, Mohammad Yusof Saha, juru bicara Karzai, mengatakan kepada Associated Press bahwa pertemuan awal dengan tim Taliban akan memfasilitasi pembicaraan dengan Mullah Abdul Ghani Baradar, pemimpin politik utama Taliban.

Tidak tersedia keterangan lain.

Sebuah sumber Taliban di Kandahar, meminta anonimitas karena dia tidak berwenang untuk berbicara kepada media, mengatakan kepada Arab News bahwa delegasi Taliban diperkirakan akan melakukan perjalanan ke Kabul di kemudian hari, di mana Baradar juga akan bertemu dengan sekelompok orang kuat etnis Afghanistan yang telah menjabat di posisi kunci pemerintah di masa lalu.

Pembicaraan penting antara Taliban dan pejabat pemerintah dimulai di tengah peringatan dari kekuatan besar dunia yang menentang pemulihan Imarah Islam oleh Taliban ketika mereka memerintah Afghanistan dari tahun 1996 hingga 2001 dan dituduh menerapkan kebijakan yang keras dan represif.

Taliban bersikeras mereka telah berubah dan dalam beberapa hari terakhir, telah bersumpah untuk tidak membalas dendam, menegakkan hak-hak perempuan dalam kerangka hukum Islam, memastikan kebebasan media dan menawarkan amnesti bagi pejabat pemerintah di Afghanistan.

Selanjutnya: Inggris akan menggandakan jumlah bantuan kemanusiaan ke Afghanistan tahun ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

×