Tak akan lagi ada penerimaan guru lewat seleksi CPNS, ini penjelasannya

Rabu, 30 Desember 2020 | 10:51 WIB Sumber: Kompas.com
Tak akan lagi ada penerimaan guru lewat seleksi CPNS, ini penjelasannya


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah memastikan, di masa yang akan datang, tidak akan ada lagi penerimaan guru lewat seleksi CPNS. Hal itu diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana. 

Bima menyebut pemerintah sepakat mengalihkan pengangkatan guru melalui perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). 

"Kami sepakat bahwa untuk guru itu akan beralih menjadi PPPK, jadi bukan CPNS lagi. Ke depan, kami tidak akan menerima guru dengan status CPNS, tapi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja," kata Bima dalam konferensi pers 'Catatan Kinerja Akhir Tahun 2020 Kementerian PAN RB', Selasa (29/12/2020).

Menurut Bima, perekrutan guru sebagai PPPK akan membantu pemerintah menyelesaikan persoalan distribusi guru secara nasional. Ia mengatakan selama ini pemerintah selalu terbentur dengan sistem PNS untuk melakukan distribusi guru. 

Baca Juga: Bocoran dari Menteri PANRB, tunjangan PNS tahun depan naik, ini penjelasannya

"Karena kalau CPNS setelah mereka bertugas 4 sampai 5 tahun biasanya mereka ingin pindah lokasi. Dan itu menghancurkan sistem distribusi guru secara nasional. Dua puluh tahun kami berupaya menyelesaikan itu, tetapi tidak selesai dengan sistem PNS," ungkapnya. 

Tak hanya itu, tenaga kepegawaian lain seperti dokter, perawat, dan penyuluh akan direkrut melalui PPPK. Bima mencontohkan, di berbagai negara maju lebih banyak jumlah PPPK daripada PNS. 

Baca Juga: Tunjangan PNS akan naik 2021, penghasilan terendah Rp 9 juta

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru