kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tak Ada Orang yang Sempurna, Warren Buffett juga Pernah Bikin Kesalahan Besar


Rabu, 02 November 2022 / 09:05 WIB
Tak Ada Orang yang Sempurna, Warren Buffett juga Pernah Bikin Kesalahan Besar
ILUSTRASI. Kesalahan paling mengerikan yang dilakukan Warren Buffett adalah membeli Dexter Shoe pada tahun 1993. REUTERS/Scott Morgan

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID -  NEW YORK. Tak ada manusia yang sempurna. Bahkan investor kenamaan Warren Buffett tak luput dari kesalahan.

Kesalahan paling mengerikan yang dilakukan Warren Buffett adalah membeli Dexter Shoe pada tahun 1993. Harga saham produsen sepatu Maine itu dengan cepat menjadi tidak berharga.

Entrepreneur.com memberitakan, Warren Buffett mengakuisisi 25.203 saham Kelas A Dexter senilai US$ 433 juta pada saat itu.

"Dexter, saya jamin, tidak perlu diperbaiki: Ini adalah salah satu perusahaan dengan pengelolaan terbaik yang pernah saya dan Charlie lihat dalam kehidupan bisnis kami," kata Warren Buffett dalam suratnya tahun 1993 kepada pemegang saham. 

Menurut Warren Buffett, Dexter adalah permata bisnis. Dia menambahkan, akuisisi itu adalah "keputusan yang tepat" untuk membayarnya dengan saham Berkshire.

Baca Juga: Warren Buffett tak masalah terlihat seperti orang bodoh dalam jangka pendek

Meskipun Warren Buffett sangat salah tentang prospek Dexter, dia menyadari ancaman yang akan segera menenggelamkan perusahaan: sepatu impor murah dari negara-negara berupah rendah. Namun, dia bercanda bahwa seseorang lupa memberi tahu manajer dan pekerja Dexter tentang tantangan itu, karena pabrik mereka sangat kompetitif melawan semua pendatang.

Warren Buffett meramalkan bahwa Dexter dan HH Brown, bisnis sepatu Berkshire lainnya, akan memperoleh pendapatan sebelum pajak lebih dari US$ 85 juta pada tahun 1994. "Saya menyanyikan 'There No Business Like Shoe Business' saat saya mengemudi untuk bekerja," kata Warren Buffett kepada investornya seperti yang dikutip Entrepreneur.com.

Baca Juga: Yuk intip 5 strategi investasi yang dipakai Warren Buffett, patut dicontoh investor



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

×