kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45918,06   -1,45   -0.16%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tahun Ini Uji Coba Sistem MLFF Ditargetkan Bisa Bergulir


Kamis, 06 Juli 2023 / 06:45 WIB
Tahun Ini Uji Coba Sistem MLFF Ditargetkan Bisa Bergulir

Reporter: Vina Elvira | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktur Utama PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) Attila Keszeg menyatakan bahwa uji coba penerapan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF) atau pembayaran tol nir sentuh ditargetkan tetap bisa bergulir di tahun ini. 

Atilla mengatakan, hingga kini pihaknya masih terus menjalin komunikasi dengan berbagai stakeholder terkait termasuk Kementerian PUPR dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) supaya target tersebut bisa terealisasi tahun ini, 

“Kita lakukan yang terbaik untuk segera uji coba tahun ini tentu saja. Kita semua ingin ini, Kementerian PUPR ingin ini, pak Basuki mengatakan itu, dan kita sangat mendukung,” ungkap Atilla, ketika dijumpai di Jakarta pada Rabu (5/7). 

Baca Juga: Roatex Pastikan Kesiapan Control Center pada Proyek MLFF

Namun demikian, dia belum bisa menyebut secara pasti di bulan apa tepatnya uji coba tersebut bakal berjalan. Yang terang, dia memastikan akan segera ada kabar lanjutan apabila tanggal pastinya sudah diputuskan oleh pemerintah. 

“Kita sedang bekerja untuk bisa uji coba, kita kerja dengan BPJT dan PUPR. Saya harap kita akan segera mengumumkan ini. Kita belum tahu,” tuturnya. 

Sekedar gambaran, sebelumnya  uji coba penerapan sistem MLFF atau tol nirsentuh pada mulanya dijadwalkan akan dimulai pada awal Juni lalu di Tol Bali-Mandara. Namun, rencana awal itu batal lantaran ada kendala internal Roatex. 

Hingga saat ini PT RITS masih terus melakukan persiapan sampai uji coba jalan tol nirsentuh ini. Salah satunya berkaitan dengan kesiapan Control Center sebagai bagian dari progres implementasi pengembangan MLFF sistem atau pembayaran tol nirsentuh. 

Baca Juga: Ini Alasan Roatex atas Gagalnya Uji Coba Sistem Pembayaran Jalan Tol Nirsentuh (MLFF)

Attila menjelaskan bahwa control center ini merupakan bagian penting dalam sistem pembayaran tol nir sentuh. Di mana, teknologi ini ada untuk memastikan sistem MLFF bekerja, sehingga progres pembayaran tol  pun dapat dipantau secara akurat. 

Untuk diketahui, MLFF adalah teknologi yang memproses pembayaran secara otomatis bagi kendaraan yang melintas di jalan tol. Melalui teknologi ini  pengguna jalan tol dapat masuk dan keluar tanpa harus berhenti untuk membayar.

Hal ini dimungkinkan karena MLFF menggunakan teknologi Global Navigation Satelit System (GNSS) yaitu sistem yang memungkinkan dilakukannya transaksi melalui aplikasi di smartphone dan dibaca melalui satelit, sehingga tidak diperlukan alat pembaca di setiap tempat di jalan tol seperti pada teknologi berbasis RFID, memberikan solusi biaya yang lebih efektif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×