Tahun Ini, Sumber Global Energy (SGER) Bidik Pendapatan Rp 5 Triliun

Minggu, 26 Juni 2022 | 06:30 WIB   Reporter: Arfyana Citra Rahayu
Tahun Ini, Sumber Global Energy (SGER) Bidik Pendapatan Rp 5 Triliun


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sumber Global Energy Tbk (SGER) menargetkan dapat meraih pendapatan senilai Rp 5 triliun di sepanjang 2022. Target yang dibidik ini tumbuh jika dibandingkan dengan realisasi pendapatan SGER di 2021 yang senilai Rp 3,92 triliun. 

Direktur Utama Sumber Global Energy, Welly Thomas mengungkapkan pihaknya menargetkan pendapatan 2022 sebesar Rp 5 triliun, dengan kapasitas batubara sebanyak 4,5 juta metrik ton. 

“Target ini akan didorong dengan sejumlah faktor pendorong. Pertama, SGER akan meningkatkan volume penjualan batu bara lokal melalui anak perusahaannya PT Sumber Mineral Global Abadi,” jelasnya dalam paparan publik secara virtual, Selasa (21/6). 

Kemudian, Sumber Global Energy juga akan lebih agresif untuk meningkatkan penjualan di kawasan Asia melalui anak perusahaannya Hineni Resources Pte Ltd yang berkedudukan di Singapura.

Baca Juga: Mitra Keluarga Karyasehat (MIKA) Anggarkan Belanja Modal Rp 750 Miliar di 2022

“Saat ini SGER tengah benegosiasi dengan negara Malaysia,” ujarnya. 

Adapun saat ini SGER juga telah melakukan pengiriman batubara ke Rotterdam Belanda dan saat ini dalam proses pengiriman ke Polandia dan tengah bernegoisasi dengan negara Eropa lainnya.

Welly menerangkan, di sepanjang kuartal I 2022 Sumber Global Energy merealisasikan volume shipment batubara pada sebesar 870.470,36 MT di tengah adanya pelarangan ekspor batubara oleh Pemerintah. Adapun realisasi produksi di tiga bulan pertama tahun ini tumbuh sebesar 128,17% dibandingkan dengan kuartal I 2021 sebesar 379.806,59 MT.

Welly memaparkan, strategi penjualan perusahaan untuk pasar lokal telah memberikan dampak yang positif pada pendapatan perusahaan. Hal tersebut terlihat pada volume penjualan lokal pada kuartal I 2022 dan kuartal 2021 adalah sebesar 153.744,27 MT dan 53.801,59 MT.

Penjualan lokal dilakukan melalui anak perusahaan Perseroan yaitu PT Sumber Mineral Global Abadi yang telah memasokbatubara ke sektor refinery dan industri semen. Di samping itu SGER telah menambah offtake atau kerja sama dengan beberapa tambang baru guna memperkuat supply batubara perseroan.

Baca Juga: Sampai Triwulan I, Dharma Satya Nusantara (DSNG) Serap 30% Anggaran Capex Tahun Ini

“Sekarang kami masih pelajari beberapa tambang yang kami mau melakukan offtake atau kerja sama, jadi saya pikir dana yang akan dibutuhkan nantinya sekitar Rp 150 miliar hingga Rp 200 miliar kalau negosiasinya berjalan mulus,” ungkapnya. 

Pada tiga bulan pertama di tahun ini, SGER mencatatkan pertumbuhan volume penjualan ekspor perusahaan sebesar 119,83%. Peningkatan tersebut terjadi karena pada kuartal I 2022, Hineni Resources Pte Ltd (Anak Perusahaan SGER) membukukan volume penjualan sebesar 519.864 MT. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru