Ekonomi

Tahun ini, Pertamina targetkan 10 ribu Pertashop terbangun

Selasa, 18 Mei 2021 | 11:15 WIB   Reporter: Vina Elvira
Tahun ini, Pertamina targetkan 10 ribu Pertashop terbangun


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina (Persero) menargetkan akan ada 10 ribu Pertashop atau SPBU Mini Petamina yang siap beroperasi di tahun ini. Manajemen Pertamina menyebut, pengembangan Pertashop telah dilakukan secara masif dan merata di seluruh wilayah Indonesia, sehingga keberadaannya diharapkan dapat menjamin ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) di setiap penjuru tanah air, bahkan di wilayah-wilayah yang belum terjangkau oleh lembaga penyalur. 

"Sehingga masyarakat tidak perlu pergi jauh lagi untuk mencari tempat pengisian BBM," ungkap Corporate Secretary Commercial & Trading Subholding PT Pertamina Patra Niaga, Putut Andrianto kepada Kontan.co.id, Senin (17/5). 

Putut berujar, pengembangan Pertashop yang merata di seluruh wilayah Indonesia juga diharapkan dapat lebih menghidupkan perekonomian masyarakat di daerah tersebut, yang pada akhirnya akan turut meningkatkan kesejahteraan mereka. 

Baca Juga: Kemenkop UKM dorong kemitraan koperasi dengan Pertamina melalui Pertashop

Seperti diketahui, Pertamina memang membuat skema pembangunan Pertashop yang mayoritasnya melibatkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dan juga koperasi di wilayah yang bersangkutan. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk menumbuhkan jiwa enterpreneur para warga desa, sekaligus menjadi cikal bakal pengembangan bisnis lain di sekitar Pertashop. 

"Diharapkan pihak desa dan masyarakat yang ada di sini mulai kreatif untuk memutar roda usaha dan mengalokasikan sebagian dana yang mereka miliki untuk bisnis yang produktif yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan Desa," ujar dia. 

Hingga saat ini, Pertamina telah membangun hampir 1,800 Pertashop yang sudah tersebar di seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Sebagai perusahaan milik negara, Putut bilang bahwa Pertamina mengemban misi untuk menyediakan pemerataan energi yang berkualitas ke seluruh penjuru negeri, maka dari itu penting bagi Pertamina untuk menyamaratakan pembangunan Pertashop sehingga keberadaan Pertashop tidak hanya terkonsenterasi di beberapa wilayah saja. 

"Pengembangan Pertashop dilakukan secara masif dan tersebar merata diseluruh wilayah NKRI," tutup dia. 

Sedikit informasi, Pertashop adalah lembaga penyalur resmi Pertamina dengan skala tertentu yang dipersiapkan untuk melayani penjualan BBM Non Subsidi, LPG Non Subsidi (Bright Gas) dan produk Pertamina lainnya.

Selanjutnya: Perlu Strategi Pemerataan untuk Memperluas Jaringan Pertashop

 

Editor: Handoyo .
Terbaru