kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tahun depan, dompet digital siap menerapkan standar nasional open API


Senin, 06 Desember 2021 / 07:20 WIB
Tahun depan, dompet digital siap menerapkan standar nasional open API

Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia meluncurkan Standar Nasional Open API Pembayaran (SNAP) sebagai sistem yang menghubungkan berbagai layanan pembayaran pada Agustus lalu. Meskipun sudah diluncurkan Agustus tahun ini, SNAP baru akan resmi digunakan Juni tahun depan.

Open API dilakukan sebagai implementasi dari visi kedua dan ketiga, yaitu mendukung digitalisasi perbankan yang salah satunya melalui Open API, open banking, dan juga interlink antara bank dengan fintech penyedia jasa pembayaran. SNAP diklaim akan mempercepat keterhubungan antara perbankan dengan fintech yang bisa memberi sejumlah keuntungan bagi masyarakat. 

SNAP memungkinkan setiap penyedia layanan pembayaran dapat terhubung satu sama lain, termasuk antara fintech dengan perbankan. Sebelumnya, keterhubungan antara fintech dengan perbankan terbatas dalam satu grup atau yang memiliki kerja sama tertentu. Tetapi dengan sistem baru ini, BI meminta agar setiap penyedia layanan tersebut menggunakan satu bahasa yang sama.

Menanggapi hal tersebut, dompet digital OVO menyatakan, pihaknya menyambut baik peluncuran SNAP.

Baca Juga: Langkah Mudah Mendigitalisasikan Sistem Keuangan Perusahaan

Harumi Supit, Head of Public Relations menjelaskan, standarisasi teknis yang diterapkan akan membantu mempercepat koneksi antar pelaku industri dengan tetap mempertahankan prinsip kepatuhan serta perlindungan data.

"SNAP diharapkan mampu mendorong integrasi, interkoneksi dan interoperabilitas sehingga ekosistem pembayaran nasional semakin aman, efisien dan mendukung transaksi yang cepat, mudah dan handal," kata Harumi kepada kontan.co.id, Jumat (5/12).

Harumi mengaku bahwa, OVO terlibat dalam diskusi secara intensif dengan BI dan ASPI terkait penerapan SNAP. Saat ini, bersama dengan pelaku industri yang tergabung dalam working group, pihaknya sedang mempersiapkan penerapan SNAP sesuai lini masa yang telah ditentukan oleh BI.

Setali tiga uang, dompet digital DANA juga mengaku sangat mendukung implementasi SNAP ini. Karena yang pertama, adopsi inovasi open API pembayaran yang telah di standardisasi dapat mempercepat timeline integrasi bagi DANA karena proses integrasi yang lebih efisien serta efektif sehingga mendorong percepatan inovasi dengan lebih cepat, mudah, murah, aman dan handal (CEMUMUAH).



TERBARU

×