kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Survei PWS: Elektabilitas Prabowo 24,5%, Ganjar Pranowo 17,2%, dan Anies 15,9%


Sabtu, 16 April 2022 / 06:50 WIB
Survei PWS: Elektabilitas Prabowo 24,5%, Ganjar Pranowo 17,2%, dan Anies 15,9%

Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lembaga survei Political Weather Station (PWS) menyebutkan, elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berada di posisi teratas sebagai calon presiden (capres) 2024-2029 jika pemilihan presiden (pilpres) dilakukan hari ini.

Hal itu, diketahui dari survei nasional PWS yang digelar pada 1 sampai 11 April 2022 di seluruh provinsi di Indonesia.

Peneliti Senior PWS, Mohammad Tidzi mengatakan, seluruh responden survei itu ditanyakan mengenai siapakah yang akan dipilih jika hari ini dilakukan pemilihan presiden.

"Pertanyaan ini bersifat terbuka, dalam arti kami tidak menyediakan daftar nama capres. Hasilnya, secara spontan atau top of mind 24,5 persen publik menyebut nama Prabowo Subianto," ujar Tidzi dalam konferensi pers hasil survei PWS, Jumat (15/4/2022).

Di bawah Prabowo ada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 17,2 persen, lalu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 15,9 persen, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dengan 6,5 persen dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 5,9 persen.

Baca Juga: Survei Danareksa: Semakin Banyak Masyarakat yang Yakin Ada Perlambatan Ekonomi

Selain nama-nama tersebut, responden juga menyebut nama mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, eks Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Menteri badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

"Karena bersifat spontan, muncul juga nama-nama seperti Habib Rizieq, Najwa Sihab, Susi Pujiastuti dan lain-lain, namun persentasenya tidak cukup signifikan," papar Tidzi.

Populasi dari survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih atau seluruh penduduk Indonesia yang minimal telah berusia 17 tahun dan/atau belum 17 tahun tetapi sudah menikah.

Jumlah sampel sebesar 1.225 responden, diperoleh melalui teknik pencuplikan secara rambang berjenjang atau multistage random sampling. Margin of error ± 2,8 persen, dan pada tingkat kepercayaan atau level of confidence sebesar 95 persen.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan pedoman kuesioner melalui aplikasi google form.

Baca Juga: Luhut Klaim Big Data Penundaan Pemilu, Pakar Siber Sebut Mustahil & Beberkan Buktinya

Sebagai informasi, PWS adalah anggota Asosiasi Survei Opini Publik Indonesia (ASOPI), yakni asosiasi dari 31 lembaga survei dan ratusan periset opini publik yang bernaung di bawah World Association for Public Opinion Research (WAPOR).

PWS juga merupakan salah satu dari 56 lembaga survei yang telah terakreditasi KPU Pusat, sehingga PWS berhak melakukan survei opini publik dan quick count di seluruh wilayah Indonesia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Survei PWS: Elektabilitas Prabowo 24,5 Persen, Ganjar 17,2 Persen, Anies 15,9 Persen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×