Survei Litbang Kompas: Mayoritas Pemilih Pemula Pertimbangkan Capres Pilihan Jokowi

Minggu, 20 November 2022 | 05:30 WIB Sumber: Kompas.com
Survei Litbang Kompas: Mayoritas Pemilih Pemula Pertimbangkan Capres Pilihan Jokowi


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dukungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke calon yang akan berlaga di pemilihan presiden (pilpres) 2024 dianggap punya peran kunci. Survei Litbang Kompas menunjukkan mayoritas pemilih pemula pada Pilpres 2024 akan menjadikan calon presiden (capres) pilihan Jokowi sebagai referensi.

Berdasarkan survei yang digelar 24 September-7 Oktober 2022, sebanyak 55,1% pemilih pemula bakal memilih atau mempertimbangkan capres yang dipilih Jokowi.

“Dari sejumlah tersebut, terpilah menjadi dua bagian, yaitu mereka yang mengikuti sepenuhnya referensi calon Presiden Jokowi (17,1%),” tutur peneliti Litbang Kompas Bestian Nainggolan dikutip dari Kompas.id, Sabtu (19/11/2022).

“Terdapat pula 38% para pemilih mula yang sebatas mempertimbangkan ataupun memikirkan apa yang menjadi referensi Jokowi,” ungkap dia.

Baca Juga: Jokowi: Indonesia Bisa Jadi Titik Terang Dunia dengan Dukungan Muhammadiyah

Selain itu, lanjut Bestian, terdapat 29,4% pemilih pemula yang tak akan memilih capres yang didukung Jokowi. Kemudian, 15,5% responden mengaku tidak tahu atau belum menentukan pilihan.

Menurut Bestian, sikap pemilih pemula tak lepas dari penilaian mereka terhadap kinerja Jokowi. Sebab, sebanyak 62% pemilih pemula menganggap citra mantan Wali Kota Solo itu baik dan 14,7% responden merasa citra Jokowi sangat baik.

Sementara itu, 19,4% responden tak puas pada kepemimpinan Jokowi.

“Sisi positif kinerja kepemimpinan Jokowi yang terbentuk pada sebagian kalangan pemilih mula, pada kesempatan yang sama sedikit banyak turut memengaruhi segenap orientasi politik yang mereka tunjukkan,” kata Bestian.

Sebagai informasi, survei ini dilakukan dengan wawancara tatap muka langsung terhadap 1.200 responden dari 34 provinsi. Responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat.

Survei tersebut memiliki tingkat kepercayaan mencapai 95% dan margin of error kurang lebih 2,8%.

Baca Juga: Jokowi: Dua Sektor Prioritas Ini Akan Jadi Pendorong Pemulihan Ekonomi Global

Penulis : Tatang Guritno
Editor : Nursita Sari

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Survei Litbang Kompas: 55,1 Persen Pemilih Pemula Pertimbangkan Pilih Capres Pilihan Jokowi".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru