kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Survei BI: Persepsi Konsumen Terhadap Kondisi Ekonomi Saat Ini Meningkat


Kamis, 12 Mei 2022 / 05:15 WIB
Survei BI: Persepsi Konsumen Terhadap Kondisi Ekonomi Saat Ini Meningkat

Reporter: Bidara Pink | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Keyakinan masyarakat terhadap kondisi ekonomi Indonesia saat ini makin meningkat. Ini tercermin dari Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) Saat Ini di bulan April 2022 yang sebesar 98,9 atau naik dari 93,9 pada bulan sebelumnya.

Meski meningkat, indeksnya masih berada di zona pesimistis, atau indeks di bawah 100.

Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, kenaikan IKE ini didorong oleh peningkatan seluruh indeks pembentuknya. “Yaitu, indeks penghasilan saat ini, indeks ketersediaan lapangan kerja, dan indeks pembelian barang tahan lama,” tulis Erwin dalam laporan Survei Konsumen BI, Rabu (11/9).

Baca Juga: S&P Tingkatkan Outlook Indonesia Jadi Stabil, Ini Kata Menko Perekonomian

Ia menyebut, persepsi konsumen terhadap penghasilan saat ini dibandingkan 6 bulan yang lalu meningkat pada April 2022. Indeks Penghasilan Saat Ini tercatat 106,2 di bulan April 2022 atau naik 4,5 poin dari 101,7 pada bulan sebelumnya.

Kenaikan Indeks Penghasilan Saat Ini terjadi pada hampir seluruh kelompok responden, tertinggi pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp 4,1 juta hingga Rp 5 juta per bulan. Pun bila melihat dari kelompok usia, juga meningkat pada mayoritas kelompok usia responden.

Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja pada April 2022 meningkat cukup signifikan, yaitu sebesar 8,2 poin, dari 87,7 pada bulan Maret 2022 menjadi 95,9 pada bulan April 2022.

Berdasarkan kategori pendidikan, kenaikan indeks terjadi pada mayoritas kelompok pendidikan, terutama pada responden dengan pendidikan akademi dan pasca sarjana. Sedangkan dari kelompok usia, indeks juga meningkat pada hampir seluurh kelompok usia, dengan peningkatan tertinggi di responden rentang usia 20 tahun hingga 30 tahun.

Sejalan dengan meningkatnya persepsi konsumen terhadap pendaptaan dan ketersediaan lapangan pekerjaan saat ini, kenaikan indeks juga terjadi pada keyakinan konsumen untuk melakukan pembelian barang tahan lama (durable goods).

Indeks Pembelian Barang Tahan Lama tercatat 94,5 di bulan April 2022 atau naik 2,2 poin dari 92,3 pada bulan sebelumnya. Ini meningkat pada sebagian tingkat pengeluaran responden, terutama responden dengan pengeluaran Rp 3,1 juta hingga Rp 4 juta per bulan. Dan beradasarkan usia, peningkatan indeks terjadi pada sebagian besar kelompok usia responden.

Lebih lanjut, peningkatan IKE Saat Ini juga membawa angin segar terhadap peningkatan keyakinan konsumen secara keseluruhan. Ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) April 2022 yang sebesar 113,1 atau lebih tinggi dari 111,0 pada bulan sebelumnya.

Baca Juga: BI: Optimisme Masyarakat Makin Menguat pada April 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

×