kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,72   -19,77   -2.14%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

SpaceX Bakal Investasi di IKN, Menteri BKPM Bakal Percepat Pemberian Izin


Jumat, 03 Februari 2023 / 11:42 WIB
SpaceX Bakal Investasi di IKN, Menteri BKPM Bakal Percepat Pemberian Izin

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. SpaceX, perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS), dikabarkan tertarik ingin berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Kalimantan Timur. 

Hal ini disampaikan oleh salah satu investor perwakilan dari AS, Taufikurrahman dalam acara Mandiri Investment Forum (MIF), di Jakarta, Kamis (2/2/2023). 

"Space X, salah satu perusahaan Elon Musk yang akan masuk ke Indonesia untuk bisnis internet yang jauh lebih cepat dari internet tradisional karena pakai satelit. Ini mungkin akan banyak membantu teknologi untuk IKN dan juga untuk Indonesia secara keseluruhan," katanya di forum tersebut. 

Kepada Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dia meminta agar proses perizinan perusahaan milik Elon Musk ini dipermudah untuk berinvestasi di IKN. Lantaran kata Taufik, masih ada beberapa masalah yang bikin terhambat. 

"Ada beberapa masalah yang mungkin teknis, kami akan bicara dengan tim bapak (Menteri Investasi). Jadi kami mohon dibantu proses licence-nya (izinnya). Saat ini kami sedang proses untuk perizinan dan mudah-mudahan bisa dibantu juga," ungkapnya. 

Kemudian, Bahlil pun meminta kepada perwakilan AS tersebut agar segera merinci permasalahan yang dikeluhkan oleh Space X sebelum bertemu dengan dirinya. 

Baca Juga: Bahlil Minta AS dan Uni Eropa Tak Atur Indonesia Terkait Energi Hijau dan Hilirisasi

"Mas (perwakilan dari AS), saya waktu teman-teman pengusaha dari Amerika bertemu Pak Jokowi, kan saya yang dampingi. Jadi silakan saja. Inventarisir apa masalah-masalahnya tapi langsung mengerucut. Ini mau investasi perusahaan A, sekian investasinya, sektornya apa, masalahnya apa," jawab Bahlil. 

Mantan Ketua Umum Hipmi ini pun menjanjikan akan mempercepat serta permudah proses perizinan investor yang berinvestasi ke Indonesia. 

"Jadi jangan nawar orang lagi. Pak Sesmen, Pak Indra bantu asistensi. Selama itu benar melakukan investasi dan itu domainnya di Kementerian Investasi dan kementerian lainnya, kita akan percepat. Saya akan percepat. Itu janji saya," ucap Bahlil. 

Baca Juga: Soal Gaji Besar, Kepala Otorita IKN: Dari Awal Saya Tidak Tanya Gaji

Karena menurutnya, menahan investor itu sama saja menghambat terciptanya lapangan pekerjaan, pendapatan negara serta daya saing Indonesia jadi terganggu. 

"Yang penting clear," pungkas Bahlil Lahadalia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Space X Tertarik Investasi di IKN, Bahlil Janjikan Proses Cepat"
Penulis : Ade Miranti Karunia
Editor : Akhdi Martin Pratama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×