kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kisah Xi Jinping Muda: Pernah Dikirim ke Pedesaan dan Kerja Paksa di Desa Terpencil


Selasa, 11 Oktober 2022 / 11:44 WIB
Kisah Xi Jinping Muda: Pernah Dikirim ke Pedesaan dan Kerja Paksa di Desa Terpencil
ILUSTRASI. Xi Jinping akan memulai masa jabatan ketiga sebagai presiden China pada akhir bulan ini. REUTERS/Thomas Peter

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Xi Jinping akan memulai masa jabatan ketiga yang belum pernah terjadi sebelumnya sebagai presiden China di kongres Partai Komunis ke-20 akhir bulan ini.

Ini akan secara efektif memungkinkan Xi Jinping untuk tetap berkuasa seumur hidup, mengingat para pemimpin China memilih pada 2018 untuk menghapus batas dua masa jabatan sejak 1990-an.

Melansir BBC, di bawah pemerintahan Xi Jinping sejak 2012, China menjadi lebih otoriter di dalam negeri. Pemerintah China menindak perbedaan pendapat, kritik, dan bahkan menindak miliarder serta bisnis yang berpengaruh. Beberapa orang menggambarkannya sebagai "pemimpin paling otoriter sejak Ketua Mao".

Di bawah pemerintahannya, China telah mendirikan kamp "pendidikan ulang" di Xinjiang yang telah dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia terhadap Uyghur dan kelompok etnis minoritas lainnya. 
Xi Jinping telah memperketat cengkeramannya di Hong Kong dan bersumpah untuk mempersatukan kembali Taiwan ke wilayah China, dengan paksa jika perlu.

Sebagai tanda yang jelas dari pengaruhnya, Partai Komunis memberikan suara pada tahun 2017 untuk menulis filosofinya yang disebut "Pemikiran Xi Jinping tentang Sosialisme dengan Karakteristik Tiongkok untuk Era Baru" ke dalam konstitusinya. 

Hanya pendiri partai Mao Zedong dan Deng Xiaoping, pemimpin yang memperkenalkan reformasi ekonomi pada 1980-an, yang telah menjadikannya sebagai hukum dasar negara yang sangat penting.

Baca Juga: Presiden Taiwan: Berperang dengan China Jelas Bukan Pilihan

Pangeran, petani, presiden

Lahir di Beijing pada tahun 1953, Xi Jinping adalah putra dari veteran revolusioner Xi Zhongxun, salah satu pendiri Partai Komunis dan mantan wakil perdana menteri.

Karena leluhurnya yang termasyhur, Xi Jinping dianggap sebagai "pangeran" - anak dari pejabat senior elit yang telah naik pangkat.

Tapi nasib keluarganya berubah secara dramatis ketika ayahnya dipenjara pada tahun 1962. Mao yang sangat curiga, takut akan pemberontakan di jajaran partai, memerintahkan pembersihan saingan potensial. 

Kemudian pada tahun 1966 datang apa yang disebut Revolusi Kebudayaan ketika jutaan orang dicap sebagai musuh budaya Tiongkok, memicu serangan kekerasan di seluruh negeri.

Keluarga Xi Jinping juga menderita. Kakak tirinya - putri pertama ayahnya melalui pernikahan sebelumnya - dianiaya sampai mati, menurut laporan resmi, meskipun seorang sejarawan yang akrab dengan elit partai mengatakan dia mungkin melakukan bunuh diri di bawah tekanan, menurut laporan New York Times. 

Xi Jinping muda ditarik keluar dari sekolah yang dihadiri oleh anak-anak elit politik. Akhirnya, pada usia 15 tahun, dia meninggalkan Beijing dan dikirim ke pedesaan untuk "pendidikan ulang" dan kerja paksa di desa terpencil dan miskin di timur laut Liangjiahe selama tujuh tahun.

Baca Juga: Siap Sambut Presiden China Xi Jinping Progres Kereta Cepat Jakarta Bandung Sudah 86%

Tetapi, bukannya menjauh dan melawan Partai Komunis, Xi Jinping malah memeluknya. Dia mencoba untuk bergabung beberapa kali, tetapi ditolak karena pendirian ayahnya.

Dia akhirnya diterima pada tahun 1974, dimulai di provinsi Hebei, kemudian menduduki peran yang semakin senior saat dia perlahan-lahan mencapai puncak.

Pada tahun 1989, pada usia 35 tahun, ia adalah ketua partai di kota Ningde di provinsi Fujian selatan ketika protes menuntut kebebasan politik yang lebih besar dimulai di Lapangan Tiananmen Beijing.

Provinsi itu jauh dari ibu kota. Tetapi Xi Jinping, bersama dengan pejabat partai lainnya, dilaporkan bergegas untuk menahan cabang lokal dari demonstrasi besar-besaran yang sedang berlangsung di Beijing.



TERBARU

×