kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45911,21   9,82   1.09%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Soal Rusia akan Serang Ukraina, Presiden Zelensky: Tarik Napas Dalam-dalam, Tenang!


Jumat, 21 Januari 2022 / 12:27 WIB
Soal Rusia akan Serang Ukraina, Presiden Zelensky: Tarik Napas Dalam-dalam, Tenang!
ILUSTRASI. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky akhirnya angkat bicara tentang desas-desus Rusia akan segera menyerang negaranya. REUTERS/Gleb Garanich

Sumber: Yahoo News | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - KYIV. Pada hari Rabu (19/1/2022), setelah diam selama berminggu-minggu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky akhirnya angkat bicara di hadapan rakyatnya melalui video tentang desas-desus rencana Rusia yang akan segera menyerang negaranya. 

Melansir Yahoo News, dengan perkiraan sekitar 100.000 tentara Rusia mengepung negaranya, Zelensky meyakinkan rakyatnya bahwa terlepas dari desas-desus yang mengatakan gagasan "bahwa perang dapat dimulai besok," kenyataannya adalah bahwa semuanya di bawah kontrol dan berjalan sesuai rencana.

“Tarik napas dalam-dalam. Tenang,” kata Zelensky kepada warganya. 

Dia bilang, sama sekali tidak ada alasan untuk panik.

Namun, beberapa jam kemudian, Presiden Biden menyuarakan nada yang sangat berbeda tentang niat Presiden Rusia Vladimir Putin, yang membuat warga Ukraina cemas.

"Dugaan saya adalah dia akan pindah. Dia harus melakukan sesuatu," kata Biden pada konferensi pers Gedung Putih pada hari Rabu ketika ditanya apakah Rusia benar-benar akan menyerang Ukraina. Komentar Biden memicu kepanikan di negara bekas republik Soviet.

Baca Juga: AS: Presiden Putin Bisa Beri Perintah untuk Serang Ukraina dalam Waktu Singkat

"Itu benar-benar tidak masuk akal," jelas Oleksiy Sorokin, editor politik untuk situs berita Independen Kyiv, mengatakan kepada Yahoo News. “Kami mengikuti pidato Zelensky dan kami seperti, 'Oke, jadi ini strateginya sekarang - jangan panik.' Dan kemudian dua jam kemudian, kami mendapatkan presiden Amerika Serikat yang mengonfirmasi bahwa Rusia akan menyerang dan seluruh pidato Zelensky, seluruh rencananya, hancur berkeping-keping.”

Tapi apa yang benar-benar mengejutkan di Kyiv adalah pandangan Biden tentang bagaimana NATO mungkin menanggapi serangan Rusia di tanah Ukraina.

“Saya pikir apa yang akan Anda lihat adalah bahwa Rusia akan dimintai pertanggungjawaban jika menyerang,” kata Biden.
 
Menanggapi Biden, Sorokin mengatakan, “Itu tergantung pada apa yang dilakukan (Rusia). Itu satu hal jika terjadi serangan kecil dan kemudian kami akhirnya bertengkar tentang apa yang harus dan tidak boleh dilakukan, dll. Reaksi pertama saya adalah, 'Ya Tuhan, apa yang saya dengar sekarang?' Rasanya seperti dia memberi Putin lampu hijau untuk menyerang Ukraina. Saya berpikir, 'Kapan saya harus bangun besok, agar tidak ketinggalan invasi Rusia?'”

Baca Juga: Pembicaraan dengan AS Mandek, Putin Geser Helikopter Militer ke Perbatasan Ukraina

Olga Rudenko, pemimpin redaksi Kyiv Independent, juga menggemakan sentimen itu di Twitter.

“Sebagai seorang Ukraina, rasanya seperti Biden baru saja membiarkan Putin menyerang negara saya. Jika itu adalah 'serangan kecil', itu bahkan tidak akan dihukum," tulisnya.

Pemerintahan Biden dengan cepat berusaha mengatasi kesalahan itu.

“Presiden Biden telah menjelaskan dengan Presiden Rusia: Jika ada pasukan militer Rusia bergerak melintasi perbatasan Ukraina, itu adalah invasi baru, dan itu akan disambut dengan tanggapan cepat, keras, dan bersatu dari Amerika Serikat dan Sekutu kami,” demikian pernyataan Sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan dalam sebuah pernyataan. 

Banyak masyaraat Ukraina yang juga merasakan kecemasan. 

“Kami benar-benar bingung dan bingung mendengar pesan yang cukup kontradiktif dari pejabat Ukraina dan pejabat Barat, terutama Amerika,” Alyona Getmanchuk, direktur New European Center, sebuah think tank di Kyiv, mengatakan kepada Yahoo News.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×