Soal proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, China janji selesaikan di 2022

Rabu, 09 Juni 2021 | 11:04 WIB Sumber: Kompas.com
Soal proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, China janji selesaikan di 2022

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Terkait proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCBJ), Pemerintah China sudah bersepakat dengan Indonesia penyelesaiannya akan sesuai jadwal. Seperti diketahui, proyek ini ditargetkan rampung pada 2022 mendatang. 

Komitmen itu diungkapkan dalam pertemuan tingkat tinggi antara Indonesia dan China pada Sabtu (5/6/2021) lalu. Pihak Indonesia diwakili oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, sementara pihak China diwakili oleh Menteri Luar Negeri China Wang Yi. 

Dalam keterangannya, Kementerian Luar Negeri China menjelaskan, proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung merupakan bagian dari program Belt and Road Initiative (BRI) atau pembangunan jalur sutra modern. 

Kereta cepat ini menjadi tolok ukur proyek tahap pertama yang dibangun Indonesia dan China di bawah program BRI. 

Baca Juga: Pemerintah targetkan kereta cepat Jakarta-Bandung beroperasi komersial awal 2023

"Kedua belah pihak akan lebih menyelaraskan BRI dan visi Poros Maritim Global untuk memastikan penyelesaian kereta cepat Jakarta-Bandung sesuai jadwal," ungkap Kemenlu China seperti dikutip dalam keterangan resminya, Selasa (8/6/2021). 

Sebagai informasi, Kereta Cepat Jakarta-Bandung adalah proyek kereta cepat pertama di Indonesia yang telah diinisiasi sejak tahun 2015. Standar kecepatan kereta cepat ini akan mencapai 350 km per jam. 

Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan memangkas waktu dua kota tersebut hanya menjadi 40 menit dengan lintasan sepanjang 142,3 km, jauh lebih cepat dibandingkan dengan waktu tempuh kereta api reguler yang saat ini yakni 3 jam lebih. 

Baca Juga: Jokowi targetkan kereta api cepat bisa diuji coba pada akhir tahun depan

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru