kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

SKK Migas: Pengeboran sumur proyek Maha-2 dilaksanakan tahun ini


Rabu, 09 Juni 2021 / 07:30 WIB
SKK Migas: Pengeboran sumur proyek Maha-2 dilaksanakan tahun ini

Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. SKK Migas memproyeksikan pelaksanaan plant of development (PoD) proyek Lapangan Maha-2 di Wilayah Kerja (WK) West Ganal di lepas pantai Kalimantan dapat terlaksana pada kuartal II 2022.

Sebagai informasi, sebelumnya kegiatan pemboran sumur appraisal Maha-2 yang dilakukan Eni West Ganal Ltd. berhasil menemukan 43 meter lapisan pasir bersih gas dengan karakteristik reservoir yang sangat baik di tingkat Zaman Pliosen.

Sumur dibor hingga kedalaman 2.970 meter dengan kedalaman di bawah air 1.115 meter dan telah menemukan 43 meter lapisan pasir bersih gas. Uji produksi yang terbatas oleh fasilitas permukaan mencatat gas deliverability yang sangat baik dari reservoir yang mengalir pada Clean Up Flow  33.9 MMScfd Choke Position : 96/64 inchi.

Adapun percepatan produksi sangat mungkin dilakukan karena Sumur appraisal Maha-2 terletak 16 km di sebelah Tenggara Floating Production Unit (FPU) Jangkrik yang dioperasikan Eni.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengungkapkan, rencananya pengeboran sumur di proyek Maha-2 yang berada di Kutei Basin akan dilaksanakan pada tahun ini.

Baca Juga: Proyek Lapangan Merakes pasok kebutuhan gas pipa di Kaltim

"Kemudian setelahnya dilanjutkan menyiapkan Plan of Development (PoD) yang asumsinya dapat terlaksana pada kuartal II sampai dengan kuartal III 2022 dan asumsi on stream pada kuartal III 2024," jelasnya dalam acara peresmian operasional Merakes Sepinggan, Selasa (8/6).

Dwi mengatakan asumsi target tersebut menimbang posisi Merakes setelah dua tahun berada di puncak produksi dan mengutilisasi kapasitas Jangkrik sebesar 750 MMCFD.

Kemudian, akan mengalami penurunan produksi  di 2024 sesuai sehingga diharapkan  Maha dapat masuk di 2024. Dengan demikian, fasilitas produksi FPU di Lapangan Jangkrik tetap berjalan optimal. 

Tambahan informasi, Eni adalah operator Blok West Ganal melalui afiliasinya, Eni West Ganal Limited, yang memegang 40% Participating Interest, sementara Neptune West Ganal B.V. dan PT Pertamina Hulu West Ganal masing-masing memegang 30%.

Eni telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 2001 dan saat ini memiliki portofolio aset yang besar di tahap eksplorasi, pengembangan, dan produksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

×