kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Singapura siap menambah kapasitas di fasilitas perawatan COVID-19


Selasa, 14 Desember 2021 / 23:00 WIB
Singapura siap menambah kapasitas di fasilitas perawatan COVID-19

Sumber: Channelnewsasia.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Singapura memberlakukan rencana darurat untuk meningkatkan kapasitas di rumah sakit umum dan unit perawatan intensif guna mempersiapkan potensi lonjakan kasus Omicron COVID-19 lokal.

Untuk membantu mengelola beban di rumah sakit umum, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada Selasa (14/12) mengatakan pihaknya juga siap menambah kapasitas di fasilitas perawatan (CTF) COVID-19, di mana pasien dari rumah sakit umum yang lebih stabil dapat ditampung ke untuk pemantauan lanjutan jika perlu.

Kementerian Kesehatan setempat menambahkan bahwa pihaknya juga meningkatkan upaya untuk meningkatkan tenaga kerja yang dibutuhkan di rumah sakit dan CTFs. "Mengingat kemungkinan transmisi varian Omicron yang lebih tinggi, lonjakan kasus Omicron lokal dapat berisiko membebani sistem perawatan kesehatan kita sekali lagi," kata MOH.

Ini muncul ketika Menteri Kesehatan Ong Ye Kung memperingatkan pada konferensi pers gugus tugas multi-kementerian COVID-19 pada hari Selasa tentang "gelombang Omicron yang berpotensi besar menghampiri kita".

Hingga Selasa, Kemenkes telah mendeteksi 16 kasus Omicron di Singapura, dengan 14 kasus impor dan dua kasus lokal yang merupakan staf layanan penumpang bandara.

"Dengan data awal yang menunjukkan bahwa itu setidaknya menular seperti varian Delta dan dapat membawa risiko infeksi ulang yang lebih tinggi, ada kebutuhan bagi kami untuk menerapkan langkah-langkah tambahan untuk memastikan kami siap menghadapi penyebaran virus. Varian Omicron di komunitas kami,” kata Depkes.

Baca Juga: Petugas bandara Singapura terjangkit omicron dari penumpang yang transit

Meski demikian, Kementerian Kesehatan mengatakan mayoritas kasus COVID-19 Singapura memiliki gejala ringan dan dapat pulih dengan aman di rumah. Ini telah ditunjukkan untuk varian Delta, dan kemungkinan terus berlanjut untuk Omicron, tambahnya.

Kemenkes mengatakan akan bekerja dengan klinik kesiapan kesehatan masyarakat (PHPC) untuk lebih mendukung pemulihan individu yang tidak memerlukan perawatan akut di rumah sakit dan membantu mereka kembali ke kehidupan normal mereka sesegera mungkin.

"Ini akan memerlukan perluasan Protokol 2 saat ini pada Januari 2022 untuk mencakup pasien COVID-19 dengan gejala ringan dan sesuai yang dapat pulih dengan baik di rumah. Rincian lebih lanjut akan dirilis di kemudian hari," tambahnya.

Di bawah Protokol 2 yang diperluas, lebih banyak pasien COVID-19 hanya perlu mengisolasi diri di rumah selama 72 jam ke depan.

Protokol 2 mengacu pada protokol manajemen bagi mereka yang sehat dan dinyatakan positif COVID-19. Saat ini, orang-orang ini perlu mengisolasi diri di rumah selama 72 jam ke depan. Setelah ini, mereka dapat keluar dari isolasi jika mereka hasil antigen rapid test (ART) negatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

×