kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.357.000 -0,07%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Singapura Sabet Predikat Negara dengan Paspor Paling Sakti di Dunia


Kamis, 20 Juli 2023 / 08:01 WIB
Singapura Sabet Predikat Negara dengan Paspor Paling Sakti di Dunia
ILUSTRASI. Singapura telah menggantikan posisi Jepang sebagai negara yang memiliki paspor paling kuat di dunia. Sumber foto : i.redd.it

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

PASPOR TERKUAT DUNIA - Singapura telah menggantikan posisi Jepang sebagai negara yang memiliki paspor paling kuat atau sakti di dunia. Menurut Indeks Paspor Henley terbaru, paspor Singapura memungkinkan warga negaranya masuk bebas visa ke 192 tujuan global.

Mengutip Bloomberg, berdasarkan peringkat yang diterbitkan oleh konsultan imigrasi yang berbasis di London, Henley & Partners, setelah lima tahun berada di puncak, Jepang turun ke posisi ketiga karena jumlah tujuan yang dapat diakses paspornya tanpa visa melorot.

AS, yang pernah menduduki peringkat teratas hampir satu dekade lalu, turun dua peringkat ke posisi kedelapan. Inggris, setelah kemerosotan yang disebabkan oleh Brexit, melonjak dua peringkat ke posisi keempat, posisi terakhir yang dipegangnya pada 2017.

Akan tetapi mendapatkan hak istimewa untuk menggunakan dokumen perjalanan di Singapura tidaklah mudah. Negara berpenduduk 5,6 juta jiwa ini memberikan kewarganegaraan kepada sekitar 23.100 orang pada tahun lalu. Dan pihak berwenang pada awal tahun ini mengesampingkan pemberian kewarganegaraan berdasarkan kekayaan bersih individu.

Baca Juga: Dugaan Data Paspor Bocor, Kemkominfo Bakal Panggil Ditjen Imigrasi

Mengutip The Straits Times, dalam peringkat terakhir, Jepang turun ke posisi ketiga, dengan akses bebas visa ke 189 tujuan di seluruh dunia. Bersama posisinya dengan Jepang adalah Austria, Finlandia, Prancis, Luksemburg, Korea Selatan, dan Swedia.

Italia, Jerman, dan Spanyol berada di urutan kedua dengan akses bebas visa ke 190 tujuan.

Di bagian bawah daftar adalah Afghanistan dengan akses mudah ke 27 negara tujuan. Yaman (99), Pakistan (100), Suriah (101) dan Irak (102) melengkapi lima terbawah.

Dengan data historis selama 18 tahun, Indeks Paspor Henley didasarkan pada data eksklusif dari Asosiasi Transportasi Udara Internasional. Indeks tersebut mencakup 199 paspor berbeda.

Baca Juga: Dugaan Kebocoran Data Paspor 34 Juta WNI Masih Ditelusuri

Indeks Paspor Henley diperbarui setiap tiga bulan dan dianggap sebagai alat referensi standar saat menilai peringkat paspor dalam hal mobilitas global.

Metodologinya berbeda dari indeks paspor lain seperti yang diterbitkan oleh penasihat keuangan Arton Capital, yang menempatkan Uni Emirat Arab di posisi terdepan tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×