Simak Stretagi Astra Honda Motor (AHM) Kembangkan Motor Listrik di Indonesia

Selasa, 26 April 2022 | 09:15 WIB   Reporter: Vina Elvira
Simak Stretagi Astra Honda Motor (AHM) Kembangkan Motor Listrik di Indonesia


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisnis kendaraan listrik mulai digenjot. Tak hanya kendaraan roda empat atau lebih, kini sejumlah pabrikan sepeda motor juga menggember rencana mengembangkan motor listrik.

Tak terkecuali Astra Honda Motor (AHM). Asal tahu saja, sebenarnya Honda sudah berkomitmen untuk berkontribusi di era elektrifikasi sejak tahun 2019 silam, dengan meluncurkan Honda PCX Electric.

General Manager Corporate Communication Astra Honda Motor Ahmad Muhibbuddin mengatakan, produk Honda PCX Electric ini sudah dikenalkan ke masyarakat Indonesia, hanya saja belum dijual secara ritel ke  umum.

Meski begitu, Muhibbuddin tidak bicara lebih detail terkait kapan rencananya motor listrik Honda ini akan mulai dijual secara ritel ke masyarakat.

Baca Juga: Semester II-2022, Yamaha Akan Uji Coba Motor Listrik Yamaha E01 di Indonesia

Dia menambahkan, saat ini Honda juga tengah mempelajari beragam aspek terkait kendaraan listrik dan perkembangannya, mulai dari performance, safety, dan confidence masyarakat pengguna seperti apa terhadap motor listrik.

"Kami ingin melihat kebutuhan masyarakat, sehingga kami berupaya agar dapat memberikan produk sekaligus infrastrukturnya, sehingga konsumen merasa aman dan nyaman menggunakan sepeda motor listrik," ujar Muhib, saat dihubungi Kontan.co.id, Senin (25/4).

Menurutnya, dari sisi internal perusahaan, Honda masih menghadapi beberapa tantangan dalam melakukan pengembangan kendaraan listrik, seperti pengembangan unit motor dengan teknologi motor listrik yang sesuai, baterai untuk sumber daya listrik, serta infrastruktur yang mendukung.

Sedangkan dari sisi eksternal, Honda melihat tantangan tersebut datang dari kesiapan pemerintah dalam hal regulasi serta kesiapan konsumen dalam menyerap pasar motor listrik secara aman dan nyaman.

Baca Juga: Kawasaki Belum Berencana Merilis Motor Listrik di Indonesia dalam Waktu Dekat

Berdasarkan data AISI pada Januari-Maret 2022 distribusi sepeda motor Honda mencapai 951.907 unit. Sampai saat ini, sepeda motor jenis matik masih mendominasi, di mana kontribusinya untuk market Honda mencapai 89 % dari total penjualan.

Secara model, tipe Beat, Scoopy, dan Vario series masih menjadi tiga teratas penjualan Honda di periode tiga bulan pertama tahun ini.

"Kami optimistis tahun ini bisa mencapai penjualan yang lebih baik dari tahun lalu, sejalan dengan kebutuhan pasar dan konsumen. Kami berharap pandemi dan dampaknya bisa terus tertangani dengan baik dan kondisi positif ini berlanjut terus ke tahun depan. Kami targetkan tahun ini penjualan bisa mencapai 4 juta- 4,2 juta unit," tutup Muhib.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru