kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak Strategi AirAsia Indonesia (CMPP) Perbaiki Kinerja Bisnis Sepanjang Tahun 2021


Minggu, 19 Desember 2021 / 07:35 WIB
Simak Strategi AirAsia Indonesia (CMPP) Perbaiki Kinerja Bisnis Sepanjang Tahun 2021

Reporter: Vina Elvira | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gempuran pandemi Covid-19 sejak tahun 2020 lalu tidak menghentikan semangat PT AirAsia Indonesia Tbk (CMPP) dalam memperbaiki kinerja.

Di sepanjang tahun 2021 ini, perusahaan berupaya mengembangkan bisnis dengan menerapkan sejumlah strategi. Dari sisi jaringan, CMPP tetap berfokus pada pasar domestik, untuk kembali mendapatkan kepercayaan penumpang, yang dibarengi dengan penambahan rute penerbangan secara bertahap.

"Kami dari perusahaan tetap fokus untuk bisa menggarap pasar domestik dan  dan juga mengoptimalkan channel yang kami miliki," ungkap Direktur Utama AirAsia, Dendy Kurniawan, dalam Paparan Publik Virtual, Jumat (17/12).

Pada saat yang sama, perusahaan juga terus menerapkan keamanan yang ketat dan tindakan kesehatan di seluruh wilayah untuk menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang.

Baca Juga: Kembali Terbang, Begini Upaya AirAsia (CMPP) Hadapi Sisa Tahun 2021

Di samping penerbangan domestik, CMPP juga disebut Dendy mulai kembali melayani penerbangan internasional, seiring dengan dibukanya border beberapa negara.

"Kami mulai membuka beberapa penerbangan internasional (KNO-KUL, CGK-KUL, SUB-KUL), dan juga membuka kembali penerbangan yang memiliki potensi tinggi terhadap yield seperti CGK-DMK," sebutnya.

Hingga September 2021, pendapatan CMPP dari sisi pendapatan penumpang, khususnya penjualan kursi mengalami penurunan drastis. Namun sebaliknya pendapatan kargo dan juga charter justru melesat di tahun ini.

Kondisi ini dimanfaatkan perusahaan untuk meningkatkan kontribusi dari dua unit bisnis tersebut.

Selanjutnya adalah strategi pengembangan platform airasia.com. Menurut Dendy, selama tahun 2021 ini CMPP berupaya meningkatkan traffic digital lewat berbagai promosi dan re-marketing.

Baca Juga: Airasia Rewards tawarkan kemudahan dalam satu aplikasi airasia super app

"Kemudian kami juga akan menjual produk inovatif, seperti best flights+ hotels combo. Serta memaksimalkan partnership, baik itu dengan tourism boards, bank, maupun dengan event-event dan media," jelas Dendy.

Terakhir, yang tak kalah penting, CMPP juga terus mengoptimalkan channel distribusi untuk memperluas cakupan, baik secara online maupun offline.

Beberapa di antaranya, memperkuat kemitraan dengan agen perjalanan, OTA, klien korporat, group booking, dan juga mitra lokal.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×