kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak Rencana Sarinah yang Berniat Ekspansi ke Pasar Mancanegara


Jumat, 03 Juni 2022 / 05:40 WIB
Simak Rencana Sarinah yang Berniat Ekspansi ke Pasar Mancanegara

Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sarinah (Persero) sedang menyiapkan beragam strategi untuk masuk ke pasar luar negeri. Langkah ini dilakukan perusahaan untuk merealisasikan misinya dalam segmen perdagangan yakni menjadi pusat pemasaran produk khas Indonesia.

Melansir laman resmi Sarinah, selain menjalankan divisi ritel, Sarinah juga memiliki divisi perdagangan atau trading yang menjalin kemitraan dengan UMKM dan koperasi. Divisi ini menjalankan kegiatan perdagangan yang memastikan produk-produk tersebut mendapatkan publisitas yang tepat.

Berbagai portofolio produk telah dikembangkan oleh Sarinah ke pasar mancanegara, antara lain produk kerajinan tangan, furnitur kayu, kain batik dan berbagai karya seni yang mewakili kekayaan warisan budaya Indonesia.

Fetty Kwartati, CEO Sarinah memaparkan, selain bisnis ritel, Sarinah juga menjalankan divisi perdagangan yang tugasnya mendorong produk-produk lokal melebarkan sayap bisnisnya ke luar negeri.

Baca Juga: Lewat Pembiayaan LPEI, Sarinah Ekspor Tuna Beku Senilai US$ 107.000 ke Vietnam

Untuk merealisasikan langkah tersebut Sarinah berencana memiliki toko fisik di dalam negeri dan luar negeri sehingga produk Indonesia bisa naik kelas dan mendunia.

“Rencana menjajaki pasar luar negeri berjalan paralel dengan penguatan fundamental di dalam negeri melalui kerja sama dengan berbagai pihak untuk mengekspor produk UKM Indonesia,” kata Fetty ketika ditemui, Kamis (2/6).

Dalam waktu dekat ini Sarinah tetap fokus untuk bertransformasi di dalam negeri yakni di Sarinah Thamrin dan Sarinah di daerah.

Untuk agenda transformasi ini, perusahaan menyiapkan dana sekitar Rp 700 miliar yang sudah dikeluarkan di tahun lalu hingga saat ini. Secara umum, dana tersebut digunakan untuk renovasi gedung, perubahan atau peremajaan bisnis dan lainnya.

Fetty tidak merinci berapa dana yang sudah terserap hingga saat ini. Yang terang, dari Rp 700 miliar itu sebagian sudah diserap untuk renovasi gedung, interior design, dan modal kerja.

“Mengenai proyeksi kinerja, karena di tahun ini tidak full year masih sesuai dengan budget, masih loss. Tetapi di 2023 dan seterusnya akan mencapai break event point (BEP) dan profitable,” ujarnya optimistis.



TERBARU

×