Ekonomi

Simak rencana kerja produsen emas di tahun ini

Rabu, 21 April 2021 | 11:05 WIB   Reporter: Intan Nirmala Sari
Simak rencana kerja produsen emas di tahun ini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tren harga komoditas emas yang cenderung lesu di awal tahun, tidak melunturkan optimisme produsen atau perusahaan tambang emas terhadap prospek tahun ini. Mengutip Bloomberg, sepanjang year to date (ytd) harga emas di pasar spot cenderung bergerak lesu atau koreksi 6,68% ke level US$ 1.771,44 per ons troi per Jumat (16/4). Sekedar mengingatkan, akhir 2020 harga emas spot ditutup pada level US$ 1.898,36 per ons troi.

SVP Corporate Secretary PT Aneka Tambang (Antam) Kunto Hendrapawoko mengungkapkan, sejauh ini perusahaan tersebut melihat prospek bisnis emas domestik yang sangat baik di 2021. Optimisme itu pulalah yang membuat perusahaan dengan konde emiten ANTM tersebut kembali menargetkan penjualan emas di pasar domestik dengan berfokus pada peluang-peluang efisiensi sehingga mampu meningkatkan margin dan laba segmen operasi logam mulia dan pemurnian.

Apalagi, sepanjang kuartal I-2021 Kunto mengungkapkan kalau volume penjualan emas Antam sudah on track dengan target yang ditetapkan. Sayangnya, untuk detail terkait kinerja lebih lanjut akan diinformasikan lewat keterbukaan informasi.

 

 

"Untuk komoditas emas, kami menargetkan produksi di 2021 sebesar 1,37 ton emas dari tambang emas Pongkor dan Cibaliung dengan tingkat penjualan emas mencapai 18 ton emas," kata Kunto kepada Kontan, Senin (19/4).

Baca Juga: Pegadaian prediksi transaksi gadai emas turun jelang Lebaran, ini penyebabnya

Selanjutnya, tahun ini Antam bakal fokus pada pengembangan basis pelanggan logam mulia di pasar dalam negeri. Langkah tersebut seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat dalam berinvestasi emas serta pertumbuhan pemintaan emas di pasar domestik. 

Di samping itu, Antam juga terus melakukan inovasi produk logam mulia, seperti melalui peluncuran produk logam mulia Edisi Imlek Tahun Kerbau pada awal Februari 2021 lalu dan peluncuran produk logam mulia edisi Idul Fitri pada awal April 2021 ini. 

Ke depan, perusahaan tambang emas tersebut memiliki komitmen untuk dapat memberikan nilai dan kinerja yang solid bagi para stakeholder dan shareholder. Kunto menekankan kalau komitmen Antam adalah menjaga kinerja dan mempertahankan pertumbuhan profitabilitas dan market share. 

Editor: Handoyo .
Terbaru