Simak Kriteria Ideal PJ Gubernur DKI Pengganti Anies Baswedan dari Pelaku Usaha

Rabu, 21 September 2022 | 05:10 WIB   Reporter: Dendi Siswanto
Simak Kriteria Ideal PJ Gubernur DKI Pengganti Anies Baswedan dari Pelaku Usaha


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jabatan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta segera selesai. Para pelaku usaha pun berharap sosok pengganti Anies juga mengerti kondisi DKI Jakarta saat ini.

Selain itu, para pelaku usaha juga berkeinginan agar sosok pemimpin Jakarta mampu meningkatkan kondisi ekonomi di wilayah ibu kota ini.

Ketua Umum Kamar Dagang Industri (Kadin) DKI Jakarta Diana Dewi berharap nantinya Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta memiliki komitmen untuk melanjutkan pengembangan pembangunan DKI Jakarta yang belum tentus. Selain itu, sosok pemimpin yang diharapkan juga mampu memahami dan menuntaskan persoalan yang ada di DKI Jakarta .

"Jadi kami berharap sosok yang memahami persoalan Jakarta. Harapan saya, harapan kita warga DKI Jakarta, yang bekerja untuk menuntaskan persoalan Jakarta yang belum terselesaikan," ujar Diana dalam Focus Group Discussion di Sofyan Hotel Cut Meutia Jakarta, Selasa (20/9).

Tidak hanya itu, Diana bilang, siapapun nanti yang ditunjuk Presiden untuk memimpin DKI Jakarta harus mampu membangun koordinasi dan komunikasi baik antara pusat dan daerah serta adanya keberlanjutan program-program sebelumnya agar terjadi stabilisasi khususnya di bidang perekonomian DKI Jakarta.

Baca Juga: Soal Pj Gubernur DKI Jakarta, Ini Kata Jokowi

"Dan stabilisasi perekonomian daerah untuk dapat meningkatkan perekonomian Jakarta lebih baik lagi," katanya.

Diana juga berharap Pj Gubernur DKI Jakarta yang terpilih nantinya dapat membuat investasi lebih mudah dan memunculkan pengusaha baru yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru. Sehingga angka kemiskinan di Indonesia, khususnya di DKI Jakarta dapat berkurang.

"Pengusaha selalu berharap setiap prosesi pergantian dapat berjalan secara damai dan demokratis, mengingat stabilitas keamanan juga perlu dijaga dengan damai demi kelanjutan pembangunan perekonomian," katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jaya, Sona Maesana berharap PJ Gubernur pengganti Anies Baswedan lebih pro ke dunia usaha. Menurutnya, lebih baik lagi apabila sosok tersebut memiliki latar belakang pengusaha.

"Karena kami ingin Pj Gubernur DKI Jakarta nanti bisa mengerti membangun sistem dunia usaha yang dibutuhkan," kata Sona.

Selain itu, dirinya juga berharap agar sosok tersebut dapat menjawab tantangan global. Pasalnya kondisi pandemi Covid-19 saat ini sangat memberatkan bagi para pelaku usaha, di tambah lagi adanya konflik geopolitik yang semakin membuat para pengusaha terpukul.

Tidak hanya itu, dengan adanya ancaman hacker seperti Bjorka, Sona berharap sosok tersebut dapat mengatasi permasalahan perkembangan digital. Sehingga perlu adanya atensi dari pemerintah pusat maupun daerah agar perkembangan digital tersebut juga diiringi dengan pengawasan yang kuat.

Baca Juga: Masuk dalam Daftar Bursa Capres 2024, Anies: Saya Tinggal Sebulan Lagi, Sabar Dong

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey berharap PJ Gubernur DKI Jakarta yang nantinya terpilih dapat menjamin kepastian dan kemudahan berusaha bagi para pelaku usaha. Selain itu, sosok tersebut juga pro kepada stakeholder, para pengusaha, para akademisi, dan juga pro kepada perempuan.

"Saya ingin Pj Gubernur ini pro semua pihak dan saya ingin sampaikan bahwa PJ-nya harus pro sinergi dan kolaborasi," katanya.

Untuk diketahui, DPRD DKI Jakarta telah sepakat mengusulkan tiga kandidat Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, yaitu Heru Budi Hartono, Marullah Matali dan Bahtiar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru