Nasional

Siapa tokoh paling diharapkan publik sebagai Capres 2024? Ini jawabannya

Selasa, 10 November 2020 | 10:59 WIB Sumber: Kompas.com
Siapa tokoh paling diharapkan publik sebagai Capres 2024? Ini jawabannya


KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Lembaga Populi Center belum lama ini melakukan survei mengenai elektabilitas tokoh. Survei ini menanyakan harapan responden tentang sosok calon presiden 2024. Hasilnya, dari sejumlah nama, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi tokoh yang paling diharapkan maju sebagai capres 2024. 

"Dalam pertanyaan semi terbuka terkait elektabilitas, Prabowo Subianto menjadi tokoh yang paling diharapkan oleh masyarakat sebagai calon presiden pada tahun 2024 dengan 18,3%," kata Peneliti Populi Center, Nurul Fatin Afifah melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (9/11/2020).

Di posisi kedua terdapat nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dengan elektabilitas 9,9%. Menyusul di posisi ketiga yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan elektabilitas 9,5%. Kemudian, ada nama Ustaz Abdul Somad dengan elektabilitas 6,2% dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan perolehan angka 5,8%. 

Baca Juga: Jurnalis asing: Saling klaim kemenangan, Pemilu AS mirip dengan Pemilu Indonesia

Adapun tokoh-tokoh lain mendapat angka di bawah 5%. Misalnya, Sandiaga Salahudin Uno dengan 4,8%, Wali Kota Surabaya Tri Risma Harini dengan 4,2% dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan perolehan angka 3,8%.

Selanjutnya, ada mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo dengan elektabilitas 2,4% dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan angka 2,2%. Menurut survei, hanya ada 6 partai politik yang persentase elektabilitasnya di atas 4% atau meleibihi ambang batas minimal parlemen (parliamentary threshold). 

Partai yang dimaksud adalah PDI-P dengan 18,4%, Golkar dengan 8,2%, Gerindra dengan 7,8%, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 6,8%, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan 6,2%, dan Partai Demokrat dengan 6,2%.

Baca Juga: Pentagon bersiap menyambut kedatangan Prabowo Subianto

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie


Terbaru