Siap-siap! Tiket Kereta Mudik Lebaran 2022 Dibuka pada H-30

Rabu, 30 Maret 2022 | 12:19 WIB Sumber: Kompas.com
Siap-siap! Tiket Kereta Mudik Lebaran 2022 Dibuka pada H-30

ILUSTRASI. PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengumumkan bahwa penjualan tiket mudik lebaran akan dibuka pada H-30. KONTAN/Fransiskus Simbolon


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjelang bulan suci Ramadhan, pemerintah mengeluarkan pengumuman yang menyejukkan hati. Masyarakat yang memenuhi syarat vaksin, boleh melakukan mudik. 

Umat Islam sudah bersiap menyambut bulan Ramadhan, sekaligus mulai merencanakan mudik ke kampung halaman. Salah satu moda transportasi yang paling banyak dipilih oleh masyarakat untuk mudik lebaran adalah kereta api. 

Mudik dengan kereta api relatif lebih cepat sampai tujuan dan bebas macet daripada naik transportasi umum roda empat atau membawa kendaraan sendiri. 

Lalu, kapan tiket kereta api lebaran 2022 bisa dipesan? 

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengumumkan bahwa penjualan tiket mudik lebaran akan dibuka pada H-30.  

“Saat ini penjualan tiket KA masih sejauh H-30 keberangkatan. Saat ini tiket yang dijual baru hingga keberangkatan 9 April,” jelas VP Public Relations KAI, Joni Martinus, seperti dikutip Kompas.com dari Antara, Sabtu (26/3/2022).  

Baca Juga: Jalur Kereta Api Garut-Cibatu Diaktifkan Kembali

Menurutnya, seluruh peraturan tersebut masih menggunakan pedoman yang telah diatur di Surat Edaran (SE) Kemenhub No 25 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19. 

Lebih lanjut, untuk persyaratan naik kereta terbaru untuk mudik lebaran masih akan disesuaikan kembali dengan peraturan yang paling baru dari pemerintahan. 

Syarat naik kereta jarak jauh Diketahui bahwa menurut SE Kemenhub No 25 Tahun 2022, kapasitas angkut KA Jarak Jauh adalah maksimum 100 persen. 

Joni Martinus menambahkan bahwa Kereta Api Indonesia (KAI) akan mengoperasikan kereta api sesuai dengan permintaan dari masyarakat selama mudik lebaran ini.  

Bila mana ada peningkatan calon penumpang kereta, maka KAI akan melakukan penambahan perjalanan sesuai dengan permintaan masyarakat.  

"Meski demikian, pelanggan tetap wajib mematuhi protokol kesehatan secara disiplin saat menggunakan layanan kereta api," ucap Joni Martinus. 

Baca Juga: 4 Cara Pesan Tiket Kereta Api, Mudah Banget!

Kemudian, dia juga menganjurkan bahwa para penumpang yang berencana naik kereta untuk tetap menyiapkan dokumen dan syarat perjalanan yang ditetapkan pemerintahan.  

Penumpang kereta juga wajib memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, menghindari makan bersama, dan memakai hand sanitizer.  

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru