Nasional

Siap-siap, Kartu Prakerja gelombang 13 bakal dibuka siang ini

Kamis, 04 Maret 2021 | 10:36 WIB Sumber: Kompas.com
Siap-siap, Kartu Prakerja gelombang 13 bakal dibuka siang ini

ILUSTRASI. Pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 13 bakal dilakukan hari ini, Kamis (4/3/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Siang ini, Kamis (4/3/2021) tepatnya pukul 12.00 WIB, pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 13 bakal dibuka. Pengumuman ini dikeluarkan oleh Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja. 

"Rencananya akan kami umumkan besok siang (pendaftaran program gelombang 13)," ujar Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan kepada Kompas.com, Rabu (3/3/2021). 

Sementara itu, untuk hasil seleksi gelombang 12 telah diumumkan pada siang hari kemarin dengan jumlah penerima mencapai 600.000. Jumlah tersebut sesuai dengan kuota yang telah ditentukan oleh pemerintah. 

Saat ini, PMO sedang menyalurkan dana ke akun virtual atas nama penerima Kartu Prakerja. 

Baca Juga: Sebanyak 600.000 peserta lolos kartu prakerja gelombang 12

"Hasil seleksi gelombang 12 diumumkan siang ini dengan jumlah penerima 600.000. Saat ini kami sedang menyalurkan dana ke virtual account atas nama para penerima Kartu Prakerja," ujar dia. 

Untuk diketahui, dalam proses penyaringan peserta, terdapat beberapa tahap yang harus dilalui. Proses seleksi pun dilakukan oleh sistem tanpa intervensi manusia. 

Baca Juga: Hari ini pengumuman Kartu Prakerja gelombang 12, apa yang harus dilakukan jika lolos?

Louisa menjelaskan, skema penyaringan awal bagi calon peserta Kartu Prakerja yakni pemeriksaan keabsahan NIK dan KK yang dillakukan dengan data Dukcapil. Berikutnya, dilakukan penyaringan terkait daftar terlarang atau blacklist. 

"Yang termasuk dalam daftar terlarang adalah mereka yang masih menempuh pendidikan formal (NIK masih terdaftar di Dapodik), anggota TNI/POLRI, anggota DPR/DPRD, direksi/komisaris/dewan pengawas BUMN dan BUMD," jelas Louisa. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru