Siap-siap, ESDM Bakal Segera Umumkan Hasil Lelang WK Migas Tahap II

Kamis, 10 Maret 2022 | 06:55 WIB   Reporter: Filemon Agung
Siap-siap, ESDM Bakal Segera Umumkan Hasil Lelang WK Migas Tahap II


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menegaskan akan segera mengumumkan hasil lelang Wilayah Kerja (WK) Migas Tahap II.

"(Hasil lelang) akan segera diumumkan," ungkap Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji kepada Kontan.co.id, Rabu (9/3).

Kendati demikian, Tutuka tak menjelaskan lebih rinci animo investor dalam lelang kali ini.

Adapun, untuk lelang WK Migas Tahap II ini pemerintah menawarkan 8 WK Migas.

Baca Juga: Pertamina Dapat Hak Istimewa 15% PI di Semua Lelang Blok Migas

Dalam lelang kali ini dilakukan sejumlah perubahan yakni perbaikan profit split kontraktor dengan mempertimbangkan faktor risiko Wilayah Kerja, Signature Bonus terbuka untuk ditawar, FTP menjadi 10% shareable, penerapan harga DMO 100% selama kontrak, memberikan fleksibilitas bentuk kontrak (PSC Cost Recovery atau PSC Gross Split).

Selain itu ada ketentuan baru relinquishment (tidak ada pengembalian sebagian area di tahun ke-3 kontrak), kemudahan akses data melalui mekanisme membership Migas Data Repository (MDR) serta pemberian insentif dan fasilitas perpajakan sesuai peraturan yang berlaku.

Sebelumnya, dalam lelang WK Migas Tahap I 2021, dari 6 WK Migas yang ditawarkan, hanya dua WK Migas yang memiliki kepastian pemenang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru