Global

Setara USS Kitty Hawk milik AS, kapal induk ketiga China bakal meluncur tahun ini

Senin, 18 Januari 2021 | 23:55 WIB Sumber: Global Times
Setara USS Kitty Hawk milik AS, kapal induk ketiga China bakal meluncur tahun ini

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Kapal induk ketiga China bakal meluncur pada tahun ini, dan bergabung dengan Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (LA) di 2025 mendatang.

Menurut foto terbaru, blok kapal induk Type 003 sedang menjalani perakitan di Shanghai. Dan, garis besar kapal induk sudah bisa teridentifikasi, Ordnance Industry Science Technology, majalah industri pertahanan China, melaporkan.

Setelah semua blok disatukan, struktur atas kapal induk akan dipasang. Karena blok dibangun terlebih dahulu, perakitan dan pekerjaan perlengkapan akan memakan waktu jauh lebih sedikit dibanding kapal induk kedua China.

Melihat perkembangan saat ini, Ordnance Industry Science Technology memperkirakan, kapal induk Type 003 akan meluncur beberapa bulan lagi, sebelum akhir 2021.

Baca Juga: China siap rilis pembom siluman strategis jarak jauh terbaru H-20?

Setelah itu, kapal induk bakal dipasang dengan peralatan termasuk radar dan perangkat sensor. Kemudian, melakukan tes dan memulai uji coba laut yang bisa memakan waktu sekitar dua tahun. 

"Yang berarti, kapal perang tersebut dapat bergabung dengan layanan angkatan laut pada 2024 atau 2025," sebut Ordnance Industry Science Technology seperti dikutip Global Times.

Lebih besar dari kapal induk Shandong

Lembaga penyiar publik China China Central Television (CCTV) juga melaporkan, kapal induk ketiga China akan melakukan debut publiknya pada 2021.

Dalam laporannya, CCTV menunjukkan apa yang tampak seperti kapal induk yang ditutupi oleh selimut merah dalam citra yang dihasilkan komputer, dengan tulisan "Kami berharap pada 2021".

Baca Juga: Ini dia pos militer China yang terletak di ketinggian tertinggi

Editor: S.S. Kurniawan


Terbaru