Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kini, masyarakat tidak perlu lagi bingung jika menemukan masalah terkait masalah vaksinasi Covid-19. Pasalnya, aplikasi PeduliLindungi kini menambah fitur terbarunya berupa Chatbot WhatsApp.
Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Setiaji mengatakan, selama ini pengaduan diarahkan ke email sertifikat@pedulilindungi.id atau call center 119 exit 9.
Kini pengaduan tersebut bisa melalui Chatbot WhatsApp sebagai pelengkap yang disediakan oleh pemerintah.
Ia menyebutkan, jumlah rata rata aduan per minggunya mencapai lebih dari 134.000 email dan 80.000 panggilan telpon. Sebagian besar terkait dengan informasi sertifikat vaksin dan penyesuaian data seperti nama dan nomor ponsel.
Baca Juga: Cek harga vaksin booster Sinovac, Sinopharm, Pfizer, Novovax, Moderna dan Janssen
"Chatbot PeduliLindungi ini untuk meningkatkan literasi dari pengguna maupun kami. Khusus dalam rangka mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan sertifikat dan perbaikan info diri," kata Setiaji secara virtual, dikutip Kamis (11/11/2021).
Untuk mengakses layanan Chatbot Peduli Lindungi, masyarakat bisa menghubungi WhatsApp KemkesRI di nomor 081110500567. Dengan fitur ini, masyarakat bisa langsung melakukan pengajuan dan penyelesaian terhadap masalahnya.
Chatbot PeduliLindungi menggunakan channel atau WhatsApp yang sama untuk fitur isolasi mandiri, termasuk memberikan notifikasi terhadap informasi yang lain melalui nomor yang sama serta penggunaan username KemkesRI resmi bertanda centang hijau.
Baca Juga: Mengenal 10 Vaksin Covid-19 di Indonesia dan efek sampingnya
"Melalui aplikasi WhatsApp tersebut layanan Chatbot Peduli Lindungi bisa diakses 24 jam. Sehingga diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat yang selama ini mungkin masih terkendala," kata Setiaji.
Kemudahan Chatbot PeduliLindungi ini didesain dengan proses verifikasi dan tingkat keamanan end to end encryption dengan standar internasional dari WhatsApp.
"Ini agar data dan privacy pengguna tetap terjaga dengan baik," ujarnya.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PeduliLindungi Tambah Fitur Chatbot WA, Aduan Masyarakat Langsung Diproses"
Penulis : Ade Miranti Karunia
Editor : Ambaranie Nadia Kemala Movanita
Selanjutnya: Cara download 2 sertifikat vaksin Covid-19 lewat SMS, aplikasi & situs PeduliLindungi
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News