Sepakat, China dan India tarik pasukan dari perbatasan Himalaya yang disengketakan

Kamis, 11 Februari 2021 | 02:00 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Sepakat, China dan India tarik pasukan dari perbatasan Himalaya yang disengketakan


KONTAN.CO.ID - BEIJING. Kementerian Pertahanan China menyatakan, China dan India sepakat untuk menarik pasukan garis depan yang ada di tepi Selatan dan Utara Danau Pangong Tso mulai 10 Februari 2021.

"Langkah ini sesuai dengan konsensus yang dicapai oleh kedua belah pihak pada putaran ke-9 Pertemuan Tingkat Komandan Korps China-India," kata Kolonel Senior Wu Qian, juru bicara Kementerian Pertahanan China, dalam pernyataan tertulis Rabu (10/2) di laman Kementerian Pertahanan China.

Saat ini, di dekat perbatasan terpencil Himalaya, ribuan tentara dari dua tetangga bersenjata nuklir tersebut telah berhadapan selama berbulan-bulan setelah bentrokan mematikan tahun lalu.

Pasukan India dan China tetap terkunci dalam konfrontasi dataran tinggi di sepanjang perbatasan di Ladakh, di mana tentara bentrok dalam pertempuran jarak dekat yang brutal pada Juni 2020.

Sebanyak 20 tentara India tewas dalam bentrokan tersebut, dan pihak China menderita jumlah korban yang tidak diungkapkan. Tapi, kantor berita TASS menyebutkan, 45 tentara China tewas.

Selanjutnya: Militer China dan India bentrok lagi di perbatasan, apa yang terjadi?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru